Tanpa bubuk arang, ini cara agar noda kuning di gigi tak jadi plak pakai 1 jenis bumbu masak

Tanpa bubuk arang, ini cara agar noda kuning di gigi tak jadi plak pakai 1 jenis bumbu masak

Brilio.net - Sebagai organ yang berfungsi untuk makan dan minum, mulut menjadi salah satu tempat yang ideal bagi bakteri tumbuh. Hal ini dikarenakan sisa makan dan minum dapat menjadi sumber kotoran membandel apabila menempel pada gigi. Jika tidak dibersihkan dengan seksama, sisa makan dan minum ini akan memicu berkembang biaknya bakteri di dalam mulut. Akibatnya, tidak hanya memunculkan bau mulut, proses ini juga akan membuat gigi menjadi kuning dan digerogoti plak.

Ya, penguningan pada gigi sangat rentan berbuah menjadi masalah berupa plak. Secara singkat, plak bisa diartikan sebagai lapisan lengket yang terbentuk akibat menyatunya bakteri di mulut dengan sisa makanan dan air liur. Nah, bakteri ini tidak hanya akan menghasilkan asam yang dapat merusak lapisan enamel gigi, namun juga memicu pengerasan kotoran sisa di mulut. Apabila tidak dibersihkan dengan baik, plak ini dapat menumpuk dan mengeras, sehingga membentuk karang gigi.

Walau begitu, kamu yang menghadapi masalah di atas nggak perlu cemas kok. Selain tentunya kini kamu harus memperhatikan kebersihan mulut dan gigi, kamu juga bisa memanfaatkan solusi super mudah dan cepat untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran garam dan jeruk nipis, sebagaimana ditunjukkan oleh @tipssehat.wildan melalui Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Kamis (26/10).

tak jadi plak  Instagram

foto: freepik.com

Garam merupakan bahan dapur umum yang ternyata memiliki manfaat dalam perawatan mulut. Garam mengandung mineral penting seperti natrium, klorida, kalsium, magnesium, serta potasium. Sifat antibakteri dan antiseptik garam membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut dan menjaga keseimbangan pH alami. Selain itu, garam juga memiliki efek antiinflamasi yang dapat meredakan gejala radang gusi sekaligus rasa sakit yang muncul darinya.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES