Tanpa bleaching, cara atasi gigi kuning agar kembali putih cemerlang ini cuma pakai 3 bahan dapur

Tanpa bleaching, cara atasi gigi kuning agar kembali putih cemerlang ini cuma pakai 3 bahan dapur

Brilio.net - Meski setiap hari sudah menyikat gigi dengan rutin, ternyata masih banyak orang yang mengalami kondisi gigi yang tampak menguning, berkarang, hingga bau napas tak sedap. Perubahan warna pada gigi biasanya terjadi secara perlahan dan terkadang tak disadari. Meskipun pada dasarnya warna gigi asli tidaklah putih pekat, melainkan putih gading. Ketika terjadi perubahan warna gigi yang tampak menguning hingga kecokelatan pasti akan sangat terlihat.

Bukan tanpa alasan, kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti konsumsi kopi terlalu sering atau mengonsumsi makanan berwarna pekat. Tak hanya itu, gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok juga bisa mempercepat gigi menjadi kuning. Sementara itu, terdapat faktor lain seperti genetik, penuaan, penggunaan obat-obatan, dan kurangnya kebersihan gigi juga menjadi penyebab umum gigi mudah menguning.

Seperti dikutip dari Healthline, banyak faktor yang menyebabkan gigi menjadi kusam dan kehilangan kilau putihnya. Makanan tertentu dapat menodai email gigi, yang merupakan lapisan terluar gigi. Selain itu, penumpukan plak pada gigi juga dapat menyebabkan gigi tampak kuning.

Plak sendiri adalah sisa makanan yang menempel di permukaan gigi dengan tekstur lengket dan tipis berwarna kekuningan dan terkadang keruh. Plak ini juga lah yang dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap dan munculnya karang gigi jika tak segera dibersihkan.

Jangan khawatir, kondisi gigi yang menguning ini bisa kamu atasi dengan berbagai cara. Mulai dari membersihkan gigi secara rutin, menghindari makanan dan minuman yang memiliki potensi mengubah warna alami gigi, dan memerhatikan asupan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Selain cara tersebut, kamu bisa mengatasi gigi kuning dengan melakukan scalling rutin di dokter gigi, menyikat gigi dengan rutin setiap pagi dan malam hari sebelum tidur, serta memanfaatkan bahan-bahan alami.

Meski begitu, banyak orang yang juga memanfaatkan bleaching gigi sebagai cara instan untuk memutihkan gigi. Efektif memang, namun kamu perlu merogoh kocek dalam untuk melakukan treatment ini.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES