Tanpa beli produk scrub, begini cara memutihkan wajah kusam dan penuh flek pakai 1 jenis bahan makanan

Tanpa beli produk scrub, begini cara memutihkan wajah kusam dan penuh flek pakai 1 jenis bahan makanan

Brilio.net - Kulit wajah yang tidak mendapatkan perawatan dengan baik akan rentan mengalami berbagai masalah. Terutama masalah kulit kusam. Pasalnya banyak faktor yang dapat memicu kulit wajah jadi kusam. Seperti paparan sinar matahari, polusi, sel kulit mati yang menumpuk, sisa makeup yang tidak dibersihkan secara optimal, hingga faktor penuaan.

Dari berbagai faktor yang sudah disebutkan, kulit kusam umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Apalagi saat kulit tidak terlindungi oleh tabir surya. Bukan tanpa alasan, sinar UV yang dihasilkan matahari akan berdampak buruk pada kesehatan kulit. Hal ini lah yang memicu produksi berlebih melanin sebagai pigmen alami kulit, yang menjadikan kulit tampak lebih gelap dan muncul flek hitam. Kondisi ini juga disebut dengan hiperpigmentasi.

Produksi melanin yang berlebih merupakan upaya alami yang dilakukan oleh kulit agar terhindar dari efek buruk sinar matahari yang dapat merusak kulit. Begitupun dengan sel kulit mati yang menumpuk juga akan menyebabkan kulit jadi kusam. Ini karena regenerasi kulit akan terhambat. Sehingga wajah akan rentan mengalami masalah.

Untuk mengatasinya, banyak cara yang dapat dilakukan. Seperti penggunaan scrub atau dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Namun pemilik akun TikTok @iamthatgirl816 pada 4 Oktober 2023, tidak mengandalkan scrub untuk memutihkan wajah kusam dan penuh flek, karena ia justru memakai 1 jenis bahan makanan. Bahan makanan yang dimaksud adalah beras, tepatnya yaitu air cucian beras. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu jeruk nipis.

"Cara memutih wajah dan menghilangkan flek dengan air beras," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @iamthatgirl816, Rabu (22/11).

Putihkan wajah kusam dan penuh flek Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/wen)

tags

STORIES