Tanpa beli lotion, ini cara haluskan kulit badan kering bersisik pakai body gel dari 1 bahan pemanis

Tanpa beli lotion, ini cara haluskan kulit badan kering bersisik pakai body gel dari 1 bahan pemanis

Brilio.net - Untuk mendapatkan kulit badan yang sehat, salah satu poin penting yang harus diperhatikan adalah kelembapannya. Tak hanya memberi kesan sehat dan glowing, kulit yang lembap juga berkontribusi pada pembentukan skin barrier yang kuat pula. Oleh karena itu, menjaga tingkat kelembapan kulit merupakan langkah penting untuk memiliki kulit badan yang bagus.

Nah, apabila kulit tidak terhidrasi dengan baik, kondisi ini bisa memicu kulit menjadi kering. Kulit kering adalah kondisi menurunnya tingkat kelembapan kulit akibat minimnya jumlah air dan minyak alami kulit. Selain kondisi genetik, masalah ini umumnya muncul akibat menguapnya kelembapan tersebut akibat paparan sinar matahari atau suhu yang dingin.

Apabila tidak ditangani segera, kondisi ini bisa berujung pada terbentuknya lapisan kulit bersisik. Kondisi ini dapat muncul karena lapisan kulit menjadi sulit beregenerasi dengan baik akibat minimnya kelembapan kulit. Akibatnya, lapisan kulit mati yang seharusnya terlepas justru menumpuk, lambat laun menciptakan tekstur kulit yang kasar bak sisik yang memperburuk penampilan kulit.

Akan tetapi, nggak usah bingung. Soalnya, kamu bis mengandalkan bahan-bahan alami berkhasiat sebagai solusi alternatif bagi kamu yang mengalami masalah di atas. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan campuran madu, aloe vera, dan minyak zaitun yang cara pembuatannya ditunjukkan oleh @indiramukherjee073 melalui Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Rabu (29/11).

kulit badan kering bersisik  Instagram

foto: freepik.com

Madu sendiri telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk banyak jenis perawatan kulit. Kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu membantu menjaga kelembapan kulit, sementara kandungan antioksidannya membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak struktur kulit. Madu juga memiliki efek antimikroba yang membantu mencegah iritasi dan mengurangi rasa tertarik pada kulit kering.

kulit badan kering bersisik  Instagram

foto: freepik.com

Aloe vera, atau lidah buaya, adalah tumbuhan yang mengandung gel transparan di dalam daunnya. Gel ini kaya akan air dan memiliki sifat hidrasi yang sangat baik untuk kulit. Selain itu, aloe vera juga mengandung senyawa antiinflamasi, antioksidan, dan zat penyembuh yang dapat membantu meredakan iritasi dan menghaluskan tekstur kulit yang kasar secara perlahan.

kulit badan kering bersisik  Instagram

foto: freepik.com

Minyak zaitun sendiri adalah salah satu minyak alami yang terkenal akan kemampuannya untuk melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung banyak komponen asam lemak dan vitamin E yang sangat efektif dalam menjaga kelembapan alami kulit. Selain itu, sifat antiinflamasi dalam minyak zaitun juga bisa meredakan peradangan dan iritasi pada kulit kasar yang rentan kering.

Ketiga bahan di atas ini bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan gel aloe vera
2. 1 sendok teh madu murni
3. 1 sendok teh minyak zaitun
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

kulit badan kering bersisik  Instagram

foto: Instagram/@indiramukherjee073

1. Masukkan 1 sendok makan gel aloe vera dalam sebuah wadah kecil.
2. Tambahkan 1 sendok teh madu murni setelahnya.
3. Tuangkan pula 1 sendok teh minyak zaitun murni dalam wadah tadi.
4. Aduk seluruh bahan hingga konsistensinya tercampur rata.
5. Oleskan body gel ini ke seluruh area badan yang kering secara merata.
6. Usapkan hingga menyerap sempurna, dan tambah bila perlu.
7. Gunakan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

(brl/lak)

tags

Advertising
Advertising
STORIES