Tanpa beetroot, ini cara mudah membuat lip balm agar hasilnya pigmented pakai 1 jenis karbohidrat

Tanpa beetroot, ini cara mudah membuat lip balm agar hasilnya pigmented pakai 1 jenis karbohidrat

Brilio.net - Bibir pecah-pecah tidak hanya mengganggu penampilan, namun kondisi ini juga memberikan rasa tidak nyaman lantaran bibir kering memberikan rasa nyeri. Belum lagi bibir dengan kondisi ini tampak pucat, terkelupas, dan bersisik, jelas ini sangat mengganggu bukan?

Penyebab utama bibir kering adalah kurang terhidrasi dengan baik atau kekurangan cairan dalam tubuh. Kondisi ini tentunya bisa menyebabkan bibir kehilangan kelembapan alami sehingga mudah pecah. Tidak hanya itu, kondisi lingkungan seperti cuaca yang ekstrim, seperti udara kering dan dingin juga bisa menghilangkan kelembapan alami. Bahkan paparan sinar matahari secara langsung bisa merusak pelindung bibir dan memperparah bibir kering, serta pecah-pecah.

Untuk mengatasi kondisi tersebut kamu bisa menggunakan lip balm. Biasanya produk makeup yang satu ini terbuat dari bahan yang bisa melembapkan secara alami, seperti shea butter, jojoba oil, dan vitamin E. Semua kandungan tersebut bisa memberikan pigmen warna secara alami.

Tak hanya itu, kandungan pada lip balm membuat produk makeup yang satu ini memiliki tekstur ringan. Maka dari itu, tidak heran jika lip balm ini menjadi salah satu produk favorit bagi sejumlah orang.

Namun untuk mendapatkan produk makeup tersebut, kini kamu tak perlu membelinya di toko kecantikan. Cukup manfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita lip balm alami siap untuk digunakan. Nah, biasanya bahan utama untuk membuat lip balm adalah beetroot. Namun, dalam artikel kali ini lip balm alami terbuat dari satu jenis karbohidrat yaitu kentang.

Diketahui, kentang memiliki kandungan air cukup banyak sehingga bisa melembapkan kulit bibir secara alami. Tidak hanya itu, adanya kandungan vitamin C dan potasium di dalam kentang bisa membantu merangsang kolagen. Adanya sifat antiinflamasi di dalam bahan ini bisa mengatasi peradangan dan iritasi.

Sementara itu, bahan tambahan lainnya yaitu rosewater mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang bisa meredakan peradangan, serta melindungi kulit dari radikal bebas. Lalu, adanya minyak kelapa atau coconut oil bisa membantu melembapkan. Di sisi lain, adanya kandungan berupa asam lemak dalam bahan ini bisa mengatasi bibir kering.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES