Tanpa bedak atau blotting paper, ini trik bikin wajah segar bebas minyak seharian pakai 1 jenis tepung

Tanpa bedak atau blotting paper, ini trik bikin wajah segar bebas minyak seharian pakai 1 jenis tepung

Brilio.net - Kulit berminyak merupakan salah satu dari 4 tipe kulit utama selain kulit kering, kombinasi, dan normal. Kulit berminyak seringkali menjadi sumber permasalahan kulit lainnya. Kondisi kulit berminyak disebabkan produk sebum oleh kelenjar minyak kulit secara berlebih, sehingga terlihat greasy, kusam, dan kotor. Akibatnya, pori-pori kulit pada tipe ini juga cenderung menjadi lebih besar.

Sebenarnya produksi sebum adalah normal untuk menjaga kelembapan alami kulit. Namun jika terjadi secara berlebih, maka akan mengganggu kesehatan kulit. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi ini terjadi, fluktuasi hormon, stres, kondisi cuaca panas dan lembap, sehingga polusi dan paparan sinar matahari yang dapat memengaruhi keseimbangan produksi minyak alami kulit.

Jika kamu membiarkannya dapat ditangani segera, maka kulit rentan tersumbat kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang bisa memicu jerawat serta komedo.

Salah satu metode yang sering digunakan kebanyakan orang dalam mengatasi problematika ini adalah melalui penggunaan bedak atau blotting paper (kertas minyak). Meskipun praktis, kedua produk ini seringkali tidak dapat diakses semua orang, entah itu karena harga yang beragam hingga ketidakcocokan produk. Selain itu, dalam beberapa kasus penggunaan bedak justru dapat menyumbat pori-pori lebih dalam lagi dan menyebabkan munculnya jerawat.

Cara paling aman dan terbilang ampuh mengatasi permasalahan itu adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, berupa tepung beras dan susu, seperti yang dibagikan akun Instagram @ruchita.ghag, dilansir brilobeauty pada Senin (11/9).

Manfaat bahan yang digunakan

Tanpa bedak atau blotting paper  Instagram

Tanpa bedak atau blotting paper
freepik.com

Tepung beras memiliki sifat absorben, dapat menyerap minyak dan membantu kulit mengontrol produksi sebum secara efektif. Selain itu, sifat eksfoliator alami yang dibawa tekstur butiran kecil dari tepung beras, sangat efektif dalam membantu proses regenerasi dan mengangkat kotoran kulit. Hal inilah yang membuat tepung beras menjadi bahan alami yang bagus dalam menutrisi sekaligus mengangkat minyak dan kotoran berlebih di kulit.

Tanpa bedak atau blotting paper  Instagram

Tanpa bedak atau blotting paper
freepik.com

Susu memiliki manfaat signifikan bagi kulit berminyak. Kandungan asam laktat di dalamnya dapat membantu mengontrol produksi minyak. Selain itu, susu juga mengandung vitamin A, yang membantu dalam pengelupasan sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pori-pori. Bahkan, susu dapat membantu proses penyeimbangan kadar kelembapan di kulit sehingga dalam prosesnya turut mengontrol produksi minyak tersebut.

(brl/ola)

tags

STORIES