Tanpa bawang, ini cara bikin area rambut pitak kembali tumbuh lebat manfaatkan 1 jenis rempah

Tanpa bawang, ini cara bikin area rambut pitak kembali tumbuh lebat manfaatkan 1 jenis rempah

Brilio.net - Rambut pitak merupakan istilah bagi masalah kerontokan rambut berlebih yang menyebabkan kebotakan di salah satu atau beberapa area kulit kepala. Hal ini terjadi karena tempat tumbuhnya rambut (folikel rambut) di area tersebut mengecil lalu berhenti memproduksi rambut. Meskipun secara medis tak berbahaya, kondisi rambut yang "bolong-bolong" ini jelas dapat menganggu penampilan dan kenyamanan bagi siapapun yang mengalaminya.

Secara umum, kerontokan rambut memang disebabkan oleh menguapnya kelembapan pada kulit kepala sehingga menjadikan rambut kering dan rapuh. Namun begitu, masalah rambut pitak sendiri secara khusus sering disebabkan oleh penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh seseorang justru berbalik menyerang tubuh, termasuk folikel rambut.

Walau belum diketahui penyebab pastinya, beberapa faktor seperti infeksi virus, perubahan hormon hingga kurang nutrisi memicu masalah rambut pitak. Kondisi stres seringkali juga dikaitkan sebagai pemicu utamanya.

Jika sedang mengalami kondisi ini, kamu nggak usah merasa pusing kalau dihadapkan pada problematika ini. Pasalnya, ada solusi sederhana dengan menggunakan bahan alami yang bisa kamu coba untuk mengurangi kerontokan dan mengembalikan kondisi rambut yang lebat. Salah satunya seperti memanfaatkan campuran jahe dan daun rosemary, sebagaimana dilansir oleh briliobeauty.net pada Jumat (29/9) dari @ravleenbaggaofficial via Instagram.

area rambut pitak  Instagram

foto: freepik.com

Jahe merupakan jenis rempah yang kaya akan kandungan seperti gingerol, zingiberene, dan vitamin C. Ketiga kandungan ini telah diakui secara luas memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES