Tanpa aloe vera, ini cara atasi wajah yang sering iritasi dan kemerahan pakai 1 jenis makanan

Tanpa aloe vera, ini cara atasi wajah yang sering iritasi dan kemerahan pakai 1 jenis makanan

Brilio.net - Kulit yang teriritasi pada dasarnya akan memberikan rasa gatal, terbakar, dan perih sehingga memunculkan peradangan. Iritasi ini seringkali dipicu akibat kulit tidak memiliki level kelembapan yang cukup, sehingga sel-sel kolagen pada kulit sulit untuk beregenerasi. Hal ini menyebabkan struktur serta lapisan pelindung kulit menjadi rapuh dan tidak mampu menahan kotoran, serta zat alergen yang memicu alergi pada kulit.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya sensitivitas kulit hingga mudah teriritasi, seperti polusi, hawa dingin, serta sinar matahari. Tidak hanya merusak sel-sel kulit, faktor-faktor tersebut juga memicu terjadinya penguapan air di dalam kulit, mengurangi suplai kulit terhadap komponen utama pembentuk struktur kulit itu sendiri.

Akibatnya, kulit menjadi sensitif terkena bahan-bahan asing dan akhirnya memunculkan efek kemerahan akibat peradangan. Untuk mengatasi masalah iritasi tersebut, memperkuat skin barrier agar kelembapan pada kulit terjaga jadi perhatian utama. Pasalnya, tingkat hidrasi dalam kulit sejatinya akan mendukung kemampuan kulit dalam membentuk lapisan pelindung kulit (skin barrier) yang kuat.

Sebaliknya, kulit yang tidak terhidrasi dengan baik justru akan rentan terkena berbagai masalah. Memperbaiki skin barrier pada dasarnya bisa dilakukan dengan rutin menggunakan skincare. Namun sayangnya, nggak semua skincare terbukti menggunakan bahan-bahan yang aman untuk kulit. Belum lagi, harganya yang terkadang cukup menguras kantong.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES