Tanpa air mawar, ini cara atasi kulit mengilap akibat minyak berlebih pakai 1 jenis tepung

Tanpa air mawar, ini cara atasi kulit mengilap akibat minyak berlebih pakai 1 jenis tepung

Brilio.net - Saat banyak beraktivitas, umumnya orang-orang akan cepat merasa gerah karena rasa panas dan produksi keringat yang dikeluarkan kulit. Kondisi tersebut juga sering memicu kulit untuk mengeluarkan banyak minyak. Akibatnya, kulit wajah pun sering terlihat mengilap, kusam, dan kotor. Situasi ini jelas dapat membuat siapapun yang mengalaminya merasa tidak nyaman.

Mengapa kondisi di atas dapat muncul? Hal ini umumnya terjadi karena akitivitas tinggi disertai cuaca panas dapat membuka pori-pori kulit dan memicu kelenjar sebasea menghasilkan lebih banyak sebum untuk mengimbangi penguapan air yang mempertahankan kelembapan kulit. Kondisi ini pun kemudian membuat produksi minyak menjadi berlimpah, sehingga membuat kulit terasa licin dan mengilap. Bahkan, hal ini juga memudahkan kotoran dan debu dari lingkungan terperangkap di kulit, sehingga dapat memicu komedo dan jerawat.

Namun begitu, kamu yang dihadapkan pada masalah ini nggak perlu bingung kok. Pasalnya, kamu bisa menggunakan berbagai bahan alami untuk membantu mengontrol produksi minyak berlebih. Salah satu caranya dibagikan oleh @makeup_sakeup di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Kamis (14/9) yang memanfaatkan bahan-bahan alami berupa campuran tepung gram, kunyit, dan yoghurt.

kulit mengkilat akibat minyak berlebih  Instagram

foto: freepik.com

Tepung gram adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat dalam perawaran kulit, salah satunya dalam mengatasi kulit berminyak. Tepung gram memiliki sifat absorben yang membantu menyerap minyak berlebih dari kulit. Selain itu, tepung gram juga memiliki sifat eksfoliasi yang lembut, membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit berminyak.

kulit mengkilat akibat minyak berlebih  Instagram

foto: freepik.com

Yoghurt mengandung asam laktat yang membantu mengontrol produksi minyak kulit berlebih dan membersihkan pori-pori. Selain itu, yoghurt juga mengandung bakteri baik (probiotik) yang dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri pada kulit dan mengurangi peradangan. Hal ini menjadikan yoghurt sebagai bahan yang efektif dalam mengurangi risiko munculnya jerawat pula.

kulit mengkilat akibat minyak berlebih  Instagram

foto: freepik.com

Kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut kurkumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Senyawa ini membantu mengurangi produksi sebum pada kulit sekaligus dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Bumbu kunyit juga dikenal sebagai agen pencerah alami yang membantu mengurangi kesan kusam sehingga dapat menyegarkan kulit dalam prosesnya.

(brl/pep)

tags

STORIES