Tanpa air beras, trik memutihkan wajah penuh noda hitam ini cuma pakai 1 ekstrak buah

Tanpa air beras, trik memutihkan wajah penuh noda hitam ini cuma pakai 1 ekstrak buah

Brilio.net - Paparan matahari dan polusi merupakan salah satu konsekuensi yang harus dihadapi seiring meningkatnya jumlah aktivitas seseorang. Ya, sinar matahari memang diketahui memiliki manfaat dalam menstimulasi pembentukan vitamin D di kulit untuk menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

Namun begitu, sinar matahari dan polusi juga menjadi biang utama munculnya masalah kulit, terutama membuat warna kulit yang menjadi belang. Istilah kulit belang menggambarkan kondisi dimana warna kulit di area tertentu menjadi tidak merata dengan warna kulit keseluruhan.

Munculnya masalah kulit belang sejatinya disebabkan oleh hiperpigmentasi, atau terjadinya penumpukan pigmen warna secara berlebihan di area kulit terkait. Hiperpigmentasi ini tidak hanya membuat warna kulit menjadi tidak merata, namun juga sering dibarengi dengan kemunculan noda hitam seperti flek hitam dan bekas jerawat.

Flek hitam biasanya muncul di wajah dalam bentuk bintik hingga bercak gelap dengan ukuran bervariasi. Kemunculan flek ini sangat dipengaruhi oleh jumlah paparan sinar UV dari matahari yang diterima oleh kulit.

Gelombang UVB dalam sinar matahari dapat merangsang sel melanosit dalam kulit untuk memproduksi melanin (pigmen warna kulit) menjadi lebih cepat dari biasanya. Jumlah melanin yang bertambah secara drastis inilah yang kemudian muncul di wajah dalam bentuk noda hitam di atas kulit.

Sementara itu, noda hitam juga bisa ditimbulkan oleh jerawat. Jerawat memang diketahui bisa meninggalkan bekas coklat kehitaman di kulit, yang dikenal dalam istilah medis sebagai PIH (post-inflammatory hyperpigmentation).

Kasus dimana jerawat bisa meninggalkan bekas ini bisa muncul karena proses peradangan jerawat dapat merusak jaringan kulit. Sel-sel kulit baru yang kemudian tumbuh untuk memperbaiki kerusakan ini dapat mengandung melanin berlebih, sehingga dapat berujung pada bekas bercak gelap pada kulit.

Untuk mengatasi problematika kulit ini, kamu nggak perlu bingung. Selain menggunakan air beras, kamu juga bisa mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami lainnya sebagai solusi alternatif yang murah untuk mencerahkan wajah kembali dari noda hitam yang mengganggu.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES