Tampak cerah tanpa suntik putih, ini cara meratakan warna kulit pakai scrub dari 2 bahan pemanis

Tampak cerah tanpa suntik putih, ini cara meratakan warna kulit pakai scrub dari 2 bahan pemanis

Brilio.net - Sering terpapar sinar matahari saat beraktivitas di luar dapat menyebabkan kulit belang. Terlebih lagi jika kamu tidak menggunakan tabir surya. Kulit yang tidak terlindungi akan menjadi lebih gelap daripada bagian kulit yang tertutup pakaian. Kebanyakan, kulit belang terjadi di bagian tangan dan kaki. Perbedaan warna kulit yang terlalu kentara dapat membuat sebagian orang tidak percaya diri.

Saat warna kulitmu tidak merata, di mana adanya area-area yang warnanya lebih gelap dibandingkan area lainnya, berarti kulitmu mengalami hiperpigmentasi. Area kulit menjadi lebih gelap karena sel-sel melanosit, yaitu sel di lapisan kulit yang bekerja memproduksi melanin (zat pigmen kulit dan rambut), menjadi sangat aktif sehingga produksi melanin meningkat. Jika melanin terdapat dalam jumlah besar, maka kulit akan menggelap, bahkan sampai terlihat hitam di beberapa bagian.

Penyebab warna kulit wajah tidak merata yang paling utama adalah paparan sinar matahari. Jika kulitmu tidak terlindungi sunscreen, maka sinar UV dari matahari dapat masuk sampai ke dalam lapisan kulit dan menyebabkan kerusakan. Untuk mencegah kerusakan, sel-sel melanosit akan aktif memproduksi melanin sehingga warna kulit menjadi lebih gelap.

Walaupun secara umum tidak berbahaya, tapi kulit belang bisa sangat mengganggu bahkan membuat rasa percaya diri berkurang. Sehingga banyak orang yang rela melakukan berbagai cara untuk meratakan warna kulitnya. Ada yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk suntik putih hingga membeli berbagai produk skincare.

Padahal kamu juga bisa lho mengatasi kulit belang dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti unggahan yang dibagikan akun TikTok @glamtayus pada 6 Juni 2023. Melalui unggahan dengan durasi 40 detik tersebut, pemilik akun membagikan cara meratakan warna kulit pakai scrub dari 2 bahan pemanis, yakni gula pasir dan madu. Tak hanya itu, dia juga menambahkan bahan lain yaitu bubuk kopi, tepung beras, dan jus tomat.

"How To Make Body Scrub For Skin Whitening (Cara Membuat Lulur Untuk Memutihkan Kulit)," kataya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @glamtayus, Jumat (7/7).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES