Tak ribet touch-up bedak, ini trik samarkan pori-pori agar wajah bebas minyak pakai 1 jenis minuman

Tak ribet touch-up bedak, ini trik samarkan pori-pori agar wajah bebas minyak pakai 1 jenis minuman

Brilio.net - Kulit berminyak merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan produksi sebum berlebihan oleh kelenjar minyak kulit. Sebum adalah minyak alami kulit yang berfungsi melapisi kulit dan rambut. Namun, jika sebum terlalu banyak, kulit akan terlihat mengkilap, lengket, dan mudah berjerawat. Tak heran mereka yang memiliki jenis kulit ini mengeluhkan kulitnya tampak kusam dan tidak halus.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit berminyak, seperti fluktuasi hormon, stres, cuaca panas dan lembap, serta paparan polusi dan sinar matahari. Kondisi ini dapat merangsang kelenjar sebum memproduksi lebih banyak minyak, dimana akan berujung pada pembesaran pori-pori wajah dan meningkatkan risiko penyumbatan oleh kotoran, minyak, dan sel kulit mati.

Apabila kotoran dalam pori-pori tidak dibersihkan, maka masalah kulit lainnya seperti jerawat dan komedo akan muncul.

Beberapa orang mengatasi permasalahan ini dengan menggunakan bedak. Cara ini memang dapat mengatasi masalah kulit berminyak, pasalnya butiran halus pada bedak menyerap kelebihan minyak pada permukaan kulit.

Meski begitu, ini bukan cara terbaik untuk mengatasi kulit berminyak. Penggunaan bedak secara berlebih dapat memperburuk kondisi kulit. Hal ini dikarenakan butiran pori-pori kulit justru akan terisi oleh partikel bedak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori. Dalam beberapa kasus, penggunaan bedak secara berlebih untuk mengurangi minyak kulit juga dapat menghasilkan reaksi alergi dan kesan kulit berdempul.

Mengatasi permasalah kulit berminyak, kamu dapat memanfaatkan bahan alami yang mudah ditemukan sebagai solusi alternatif yang nggak kalah efektif. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan campuran teh hijau dan aloe vera, sebagaimana dibagikan akun Instagram @b.e.a.u.t.y_n.o.t.e.s, dilansir brilobeauty.net pada Jumat (13/10).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES