Tak perlu treatment mahal, 13 cara mengecilkan pori-pori wajah ini bikin kulit mulus dan bebas komedo

Tak perlu treatment mahal, 13 cara mengecilkan pori-pori wajah ini bikin kulit mulus dan bebas komedo

Brilio.net - Pori-pori wajah adalah komponen kulit yang bermanfaat sebagai tempat keluarnya sebum atau minyak alami kulit. Sebum atau minyak alami kulit ini akan menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit wajah.

Namun sayangnya, pori-pori wajah bisa terlihat lebih besar dari ukuran yang semestinya karena beberapa faktor. Karena itu, wajah jadi rentan berminyak, kusam, mudah berjerawat, dan terasa bertekstur.

Beberapa penyebab pori-pori membesar di antaranya adalah penumpukan sel kulit mati di wajah dan faktor usia, sehingga pori-pori kehilangan elastisitasnya. Faktor eksternal juga dapat membuat pori-pori wajah membesar, seperti paparan sinar matahari yang berlebih, polusi, asap rokok, serta radikal bebas lainnya yang akan merusak jaringan kolagen dan elastin pada kulit, sehingga struktur kulit di pori-pori jadi melemah.

13 Cara mengecilkan pori-pori wajah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kulit di mulut pori-pori akan lebih mudah mengendur, sehingga pori-pori menjadi terlihat besar. Pori-pori juga akan membesar akibat penyumbatan kotoran seperti debu dan sisa makeup.

Nah, kotoran yang menyumbat tersebut jika tak segera dibersihkan, maka akan berubah menjadi komedo. Jika kamu salah satu orang yang mengalami kondisi pori-pori membesar, tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya menggunakan bahan-bahan alami. Bahkan kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan treatment di klinik kecantikan lho.

Seperti 13 cara mengecilkan pori-pori wajah yang bikin kulit mulus dan bebas komedo berikut ini, yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/3).

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES