Tak perlu tarik benang, ini cara atasi kerutan di wajah pakai 2 bahan alami

Tak perlu tarik benang, ini cara atasi kerutan di wajah pakai 2 bahan alami

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, setiap orang pasti mengalami kerutan di wajah. Kerutan adalah lipatan atau garis-garis kecil yang terbentuk pada kulit wajah sebagai bagian dari proses penuaan alami. Biasanya proses penuaan ini dialami oleh seseorang yang memasuki usia senja atau sekitar 30 tahun ke atas. Namun, tidak hanya disebabkan oleh usia yang bertambah. Kerutan juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya.

Misalnya faktor-faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, merokok, polusi udara, dan gaya hidup yang tidak sehat. Proses penuaan alami menyebabkan kulit kehilangan kelembaban dan elastisitasnya seiring bertambahnya usia maupun gaya hidup, sehingga kerutan mulai muncul. Kerutan bisa muncul di berbagai area wajah, termasuk di sekitar mata (kerutan mata), dahi, bibir, dan sekitar mulut. Bisa dibilang, kerutan bisa menjadi tanda penuaan, tetapi juga dapat dipengaruhi oleh genetika, gaya hidup, dan paparan lingkungan.

Pencegahan dan pengurangan kerutan dapat dilakukan dengan menjaga kulit tetap terhidrasi, menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV, menghindari kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan bergizi, serta menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai. Ada sebagian orang yang memilih cara mengatasi wajah kerutan agar lebih kencang dengan melakukan perawatan medis, seperti menggunakan krim anti-penuaan, perawatan laser, tarik benang atau suntikan botox. Ada pula orang yang memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai masker wajah untuk atasi kerutan.

Salah satu bahan alami yang biasa digunakan untuk mengatasi kerutan di wajah adalah alpukat dan madu. Madu mengandung vitamin E dan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit. Walau begitu, madu yang digunakan harus madu murni yang belum dicampur bahan tambahan apapun.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES