Tak perlu tambahan oatmeal, trik bersihkan pori-pori tersumbat ala wanita ini cuma pakai 2 bahan dapur

Tak perlu tambahan oatmeal, trik bersihkan pori-pori tersumbat ala wanita ini cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Pori-pori adalah salah satu komponen kulit yang memiliki fungsi sebagai tempat tumbuhnya rambut, saluran keluarnya keringat dan jalur minyak atau sebum di kulit. Namun sayangnya, pori-pori pada kulit wajah dapat tersumbat karena kotoran, minyak, atau tumpukan sel kulit mati, sehingga dapat menyebabkan wajah tampak kusam dan teksturnya menjadi kasar.

Pori-pori tersumbat dapat terjadi ketika minyak atau sel kulit mati terperangkap dalam lubang pori-pori. Jika dibiarkan, hal ini dapat memicu sejumlah masalah kulit, seperti munculnya komedo hingga jerawat yang meradang hingga bernanah. Normalnya, kelenjar di dalam kulit memang akan menghasilkan minyak alami yang disebut sebum.

Sebum ini akan dibawa ke permukaan kulit melalui pori-pori untuk melembapkan wajah. Selain itu, sebum dengan jumlah tepat sangat penting untuk melindungi kulit dari pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab berbagai permasalahan kulit. Akan tetapi, beberapa kondisi seperti perubahan hormon atau faktor dari lingkungan seperti cuaca panas dan paparan sinar matahari bisa menjadi penyebab kulit berminyak secara berlebihan.

Minyak berlebih, kotoran, serta sel kulit mati yang menumpuk inilah yang kemudian menyebabkan pori-pori tersumbat. Untuk meminimalkan risiko pori-pori tersumbat, kamu tentu harus menjaga kebersihan kulit dengan baik dengan rajin mencuci wajah. Jika hal ini telah dilakukan, namun keluhan pori-pori tersumbat tetap muncul, kamu dapat mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membantu membersihkan kotoran yang tersumbat di pori-pori wajahmu.

Salah satu bahan alami yang biasanya digunakan oleh kebanyakan orang adalah oatmeal. Bukan tanpa alasan, oatmeal adalah bahan makanan yang memiliki tekstur agak kasar, sehingga dapat membantu membersihkan pori-pori hingga lapisan terdalam. Namun terkadang, oatmeal justru akan membuat iritasi kulit bagi sebagian orang karena ketidak cocokan dengan bahan ini.

Solusi lainnya, kamu bisa melihat trik yang dibagikan oleh salah seorang wanita melalui akun TikTok pribadinya @hairbysarahc5 pada 1 April 2020, yang berisi tentang trik bersihkan pori-pori tersumbat cuma pakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah garam dan madu.

"Honey:Antimicrobial (helps destroy the nasty bacteria on your skin) Salt:helps to cleanse pores deeply (Madu: Antimikroba (membantu menghancurkan bakteri jahat di kulit Anda) Garam: membantu membersihkan pori-pori secara mendalam)," tulis sang wanita dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @hairbysarahc5, Selasa (26/3).

2 bahan dapur bersihkan pori-pori tersumbat TikTok

foto: TikTok/@hairbysarahc5

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES