Tak perlu tambahan madu, begini trik atasi bibir mengelupas dan hitam pakai 1 produk pelembap

Tak perlu tambahan madu, begini trik atasi bibir mengelupas dan hitam pakai 1 produk pelembap

Brilio.net - Setiap orang menginginkan bibir yang sehat dan merah merona tanpa lipstik. Namun sayangnya, untuk mendapatkan bibir yang sehat dan merah merona bukanlah hal yang mudah. Yang menyebalkan, bibir malah sering terlihat kering dan hitam tanpa lipstik.

Tentunya bibir yang hitam ini sering kali tidak bisa dihindari karena memang ada juga yang disebabkan oleh faktor genetik atau memang jenis kulitnya yang memiliki pigmen tinggi. Gaya hidup seseorang ternyata dapat menjadi salah satu penyebab bibir hitam dan menggelap. Yang paling umum adalah karena paparan sinar UV, kebiasaan merokok, alergi, konsumsi kafein berlebihan, ketidakseimbangan hormon, serta faktor usia.

Selain itu, produk kosmetik bibir abal-abal atau yang beraroma terlalu kuat juga bisa membuat warna bibir lebih gelap daripada biasanya. Tak hanya bibir hitam, bibir yang kering juga kerap kali menyebabkan bibir jadi mudah mengelupas. Jika terus dibiarkan maka bibir yang mengelupas ini bisa sampai sobek dan berdarah.

Jika sedang mengalami bibir kering hingga mengelupas, jangan menjilatnya. Justru cara ini hanya akan membuat bibir semakin kering dan iritasi. Kedua permasalahan tersebut memang cukup meresahkan dan menurunkan kepercayaan diri.

Nah, jika kamu salah satu orang yang mengalaminya, tak perlu risau, karena kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasinya. Kamu bisa membuat scrub bibir yang mampu mencerahkan dan melembapkan bibirmu.

Tak perlu tambahan madu, karena ada bahan alami lain yang tak kalah efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan bibir selain madu. Seperti video yang dibagikan akun TikTok @hanishazi pada 18 Januari 2022.

Dalam unggahannya, pemilik akun membagikan tentang trik atasi bibir mengelupas dan hitam pakai 1 produk pelembap. Produk pelembap yang dimaksud adalah petroleum jelly. Selain petroleum jelly, ia juga menambahkan bahan lain yaitu gula pasir dan pewarna makanan (opsional).

"EASY DIY Lip Scrub tanpa madu," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @hanishazi, Selasa (15/8).

Atasi bibir mengelupas dan hitam pakai 1 produk pelembap Berbagai sumber

foto: freepik.com

Petroleum jelly banyak dikenal sebagai produk perawatan tubuh yang multifungsi, sebab bisa digunakan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Dalam dunia kecantikan, fungsi petroleum jelly banyak dikenal sebagai pelembap bibir paling ampuh.

Kandungan jelly murninya sangat efektif dalam melembapkan sekaligus melembutkan kondisi bibir kering, yang menyebabkan mengelupas dan pecah-pecah. Tak hanya itu, fungsi petroleum jelly juga bisa digunakan sebagai lip care untuk merawat bibir hitam maupun mencerahkan warna bibir agar terlihat lebih sehat dan pink alami.

Sedangkan, gula pasir memiliki tekstur yang berbentuk butiran. Karena itu, gula merupakan bahan abrasif yang bisa digunakan sebagai scrub. Gula juga merupakan humektan alami yang sangat baik untuk menjaga kelembapan bibir.

Selain itu, gula juga merupakan bahan alami yakni glycolic acid murni untuk menjaga kesehatan bibir. Tidak heran bila banyak pelembap atau scrub bibir yang mengandung bahan manis ini. Scrub gula juga dapat membantu mengembalikan warna alami bibir. Sementara itu, pewarna makanan bisa kamu tambahkan sebagai pewarna yang bisa menambah warna pada bibir secara alami dan aman.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES