Tak perlu tambahan kopi, ini trik atasi hiperpigmentasi dan kulit kasar pakai 1 jenis bahan kue

Tak perlu tambahan kopi, ini trik atasi hiperpigmentasi dan kulit kasar pakai 1 jenis bahan kue

Brilio.net - Tak hanya wajah, sebaiknya kulit tubuh juga perlu dijaga kesehatan dan kecantikannya. Pasalnya, banyak faktor internal dan eksternal yang mampu membuat kondisi kulit jadi bermasalah. Sebut saja sinar matahari, debu, kotoran, hingga sebum dan sel kulit mati yang menumpuk.

Dari faktor-faktor tersebut, kulit bisa saja mengalami hiperpigmentasi hingga tekturnya yang kasar. Hiperpigmentasi kulit terjadi ketika tubuh memproduksi zat melanin, yaitu zat pigmen yang memberikan warna kulit tubuh, dalam jumlah berlebihan. Bercak gelap pada kulit ini umumnya bisa timbul di bagian tubuh tertentu. Namun, hiperpigmentasi juga bisa timbul di seluruh tubuh.

Sedangkan, kulit kasar biasanya muncul akibat efek dari kondisi kulit yang dehidrasi atau kering. Ciri-ciri kulit kering di antaranya permukaan kulit terasa kasar, berisik, gatal, mengelupas, serta mudah teriritasi, sehingga cenderung membuat kulit tampak tidak sehat. Kondisi ini bisa terjadi pada kulit wajah, tangan, maupun kaki.

Kondisi kulit yang kering dan kasar ini terjadi karena kurangnya kandungan minyak atau lemak di dalam kulit, sehingga menurunkan tingkat kelembapan atau hidrasi kulitmu. Oleh sebab itu, penting mengetahui cara mengatasi hiperpigmentasi dan kulit kasar agar kondisinya tidak semakin parah.

Salah satunya adalah dengan menggunakan body scrub. Tak perlu beli, karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami. Namun kamu tak perlu menambahkan kopi didalamnya, pasalnya ada bahan alami lain yang tak kalah ampuh. Seperti unggahan dari akun TikTok @itsleah2.0 pada 4 November 2022.

Video itu berisi tentang trik atasi hiperpigmentasi dan kulit kasar pakai 1 jenis bahan kue. Bahan kue yang digunakan adalah baking soda. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu garam epsom dan body wash andalanmu.

"DIY body scrub for the smoothest skin ever! Great for any texture, ingrowns, body acne & hyperpigmentation (Lulur tubuh DIY untuk kulit paling halus yang pernah ada! Bagus untuk semua tekstur, mudah menyerap, jerawat tubuh & hiperpigmentasi)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @itsleah2.0, Selasa (22/8).

Atasi hiperpigmentasi dan kulit kasar pakai 1 jenis bahan kue Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bukan hanya sebagai bahan pengembang kue, baking soda juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Baking soda adalah bahan alami yang digunakan untuk mengelupas kulit dan menghilangkan sel kulit mati, mengecilkan pori-pori besar, dan meningkatkan produksi kolagen saat dipijat ke kulit. Manfaat baking soda untuk kulit selanjutnya adalah sebagai bahan scrub untuk membantu mengelupas sel kulit mati dan kotoran penyebab kulit kusam.

Hal ini karena baking powder memiliki tingkat keasaman (pH) 9. Angka tersebut menunjukkan bahwa bahan ini termasuk ke dalam golongan basa. Dengan ciri-ciri tersebut, baking soda memiliki khasiat untuk beberapa tujuan kecantikan salah satunya adalah sebagai eksfoliator alami. Sehingga bintik hitam, tekstur kasar, dan kusam pada kulit dapat memudar dengan penggunaan bahan ini.

Begitupun dengan garam epsom yang dikenal manfaatnya sebagai scrub untuk menghaluskan kulit. Garam epsom memiliki kandungan berupa magnesium yang bisa menjaga kelembapan kulit. Sementara itu, kegunaannya sebagai eksfoliator bisa menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembut. Di sisi lain, adanya sifat antiinflamasi bisa meredakan iritasi pada kulit kering.

(brl/pep)

tags

STORIES