Tak perlu serum antiacne, ini trik mengatasi jerawat pakai scrub wajah dari 1 jenis buah

Tak perlu serum antiacne, ini trik mengatasi jerawat pakai scrub wajah dari 1 jenis buah

Brilio.net -

Jerawat merupakan salah satu permasalahan yang sering kali mengganggu, terlebih jika tumbuh di area wajah sehingga dapat mempengaruhi penampilan. Keluhan mengenai tumbuhnya jerawat dapat dialami oleh siapa saja, walaupun lebih sering terjadi pada remaja masa pubertas. Bagian tubuh yang kerap ditumbuhi jerawat antara lain daerah wajah, bahu, lengan atas, dada, dan punggung.

Kondisi ini berhubungan dengan produksi minyak (sebum) yang terjadi secara berlebihan. Minyak berlebih bisa menyumbat pori-pori kulit. Pada setiap pori-pori kulit, terdapat folikel yang terdiri dari kelenjar minyak dan rambut. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatanpada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit. Benjolan inilah yang disebut dengan jerawat. Jika jerawat dibiarkan begitu saja dan tidak mendapatkan perawatan yang tepat, jerawat tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, mengurangi rasa percaya diri, serta memicu timbulnya komplikasi kulit yang lebih parah.

Komplikasi akibat jerawat yang tidak ditangani biasanya berupa timbulnya bekas kehitaman, bopeng atau scar acne, depresi, hingga beberapa kasus dapat terjadi keloid. Untuk menghindari masalah ini, kebanyakan orang mencari cara untuk mengatasi jerawat. Banyak yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk perawatan di klinik kecantikan, hingga membeli produk dengan formulasi antiacne didalamnya.

Padahal ada lho cara yang lebih murah dan tak kalah efektif, yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satunya seperti video unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @sifaanggraeni_ pada (14/5) lalu. Dalam video unggahannya tersebut, ia memberikan trik mengatasi jerawat pakai scrub wajah dari 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah tomat. Selain tomat, ia juga menggunakan bahan lain yaitu gula pasir.

"Wajah berjerawat? Ini solusinya jerawat langsung kabur selamanya!!!," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @sifaanggraeni_, Jumat (30/6).

Trik mengatasi jerawat pakai scrub wajah dari 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tomat adalah buah yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, misalnya menyehatkan jantung hingga mencegah kanker. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa manfaat tomat untuk wajah yang bisa kamu dapatkan lho. Sebagian besar manfaat tomat bagi wajah berasal dari kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya.

(brl/lak)

tags

Advertising
Advertising
STORIES