Tak perlu semir mahal, ini cara atasi uban agar kembali gelap pakai hair mask dari 1 jenis ampas dapur

Tak perlu semir mahal, ini cara atasi uban agar kembali gelap pakai hair mask dari 1 jenis ampas dapur

Brilio.net - Ada berbagai tanda penuaan yang bisa menurunkan kepercayaan diri. Salah satunya adalah uban. Uban adalah kondisi rambut putih yang tumbuh ketika seseorang mulai memasuki usia lanjut. Ketika seseorang mulai menua, folikel rambut tak lagi memproduksi melanin, sehingga akan menghasilkan rambut yang berwarna putih keabu-abuan. Inilah yang disebut dengan rambut uban.

Tak hanya faktor penuaan, ada beberapa faktor lain yang juga bisa memicu munculnya uban. Seperti faktor genetik dan kurangnya asupan vitamin serta nutrisi seperti B-6, B-12 serta E. Seseorang juga bisa beruban karena efek penggunaan produk perawatan rambut yang kurang cocok, penyakit autoimun, gangguan kelenjar tiroid, stres yang berlebihan, terlalu sering melakukan semir rambut menggunakan pewarna kimia, dan kebiasaan merokok.

Karena beberapa faktor tersebut tak sedikit orang yang mulai beruban ketika mereka masih berusia muda. Kondisi ini biasanya disebut dengan uban prematur. Karena itulah, tak sedikit orang yang merasa kurang percaya diri karena kemunculan uban, sehingga mereka mencari berbagai cara untuk menghitamkan rambutnya yang beruban.

Mulai dari menyemir rambutnya menjadi hitam, mewarnai rambut dengan berbagai warna favorit, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Biasanya kebanyakan orang akan melakukan semir rambut di salon untuk menutupi tampilan uban di rambutnya. Memang efektif, namun jika terlalu sering justru akan merusak kesehatan rambut. Tak hanya itu saja, semir di salon juga perlu merogoh kocek dalam-dalam.



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES