Tak perlu scrub mahal, ini cara angkat daki agar wajah kembali cerah pakai 1 bahan pemanis

Tak perlu scrub mahal, ini cara angkat daki agar wajah kembali cerah pakai 1 bahan pemanis

Brilio.net - Setelah menjalani aktivitas padat dalam sehari-hari, kulit wajah seseorang akan rentan menjadi kusam alias kehilangan kecerahannya. Hal ini bisa diakibatkan oleh banyak faktor, seperti paparan sinar matahari, debu, dan polusi udara yang menempel di wajah tanpa disadari. Dalam prosesnya, hal ini akan menyebabkan berubahnya warna kulit menjadi gelap dan terkesan kotor.

Apabila tidak ditangani dengan baik, menempelnya kotoran pada kulit dapat menyebabkan terjadinya penumpukan bulir-bulir daki, sebutan bagi kumpulan sel-sel kulit yang telah mengalami proses pengeringan dan mati. Masalah ini muncul karena adanya proses regenerasi (pengelupasan) kulit yang tidak berjalan dengan sempurna, sehingga sel-sel kulit mati tersebut masih menempel pada permukaan kulit.

Dalam prosesnya, sisa sel kulit mati tersebut kemudian acap bercampur dengan polusi dan debu di udara yang turut menempel di kulit bersama dengan keringat dan minyak wajah. Alhasil, kulit pun menjadi terlihat kusam, kotor, dan tidak enak dipandang.

Nah, untuk mengatasi masalah di atas, salah satu cara yang efektif untuk kamu lakukan adalah mengeksfoliasi kulit kamu. Untuk ini, kamu bisa banget mencoba menggunakan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif membuat bahan eksfoliatornya. Salah satunya seperti menggunakan campuran bubuk gula bersama yoghurt dan tepung beras sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @nitika_023 pada Kamis (31/8).

cara angkat daki agar wajah kembali cerah  Instagram

foto: freepik.com

Bubuk gula memiliki sifat sebagai bahan eksfolian alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan glikolat dalam gula membantu mengelupas lapisan kulit mati yang gelap dan menghaluskan tekstur kulit. Proses pengelupasan ini kemudian akan merangsang regenerasi sel kulit baru yang lebih cerah dan merata, sehingga membantu mencerahkan kulit dalam prosesnya.

cara angkat daki agar wajah kembali cerah  Instagram

foto: freepik.com

Yoghurt merupakan produk hasil fermentasi susu yang dikenal kaya akan khasiat bermanfaat, terutama dari komponen asam laktat, probiotik, serta vitamin B. Asam laktat dan vitamin B memberikan manfaat besar dengan bertindak sebagai agen pencerah alami yang membantu mengurangi hiperpigmentasi dan merangsang pembentukan sel-sel kulit baru. Selain itu, yoghurt juga dapat memberikan hidrasi pada kulit, sehingga akan membuatnya menjadi lebih sehat.

cara angkat daki agar wajah kembali cerah  Instagram

foto: freepik.com

Tepung beras memiliki banyak komponen yang mencakup vitamin B, protein, dan mineral seperti magnesium dan seng. Bentuk butiran halus tepung beras secara alami bisa mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga efektif dalam mencerahkan kulit. Selain tu, kandungan di atas juga membuat tepung beras efektif mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit, sehingga mengurangi risiko kulit menjadi kotor secara berlebih.

(brl/pep)

tags

STORIES