Tak perlu scalling, ini trik pudarkan karang gigi cuma pakai 1 bahan dapur

Tak perlu scalling, ini trik pudarkan karang gigi cuma pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Selain gigi kuning, karang gigi merupakan salah satu permasalahan umum yang dialami oleh kebanyakan orang. Penyebab utama masalah di gigi ini adalah penumpukan plak yang disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan gigi dengan baik. Nah, plak yang menumpuk akan mengeras seiring bertambahnya waktu. Jika tak segera diatasi, kondisi ini akan menyebabkan beberapa masalah baru, seperti napas tak sedap, sakit gigi, hingga radang gusi.

Adanya karang gigi yang menumpuk di dalam mulut disebabkan oleh beberapa faktor. Paling sering dialami oleh sejumlah orang adalah kebiasan mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula dan asam. Contohnya adalah minuman bersoda, teh, kopi, permen, dan cokelat, atau makanan cepat saji. Nah, semua makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan penumpukan bakteri dan plak.

Kebiasan buruk, seperti malas menjaga kebersihan mulut juga menjadi faktor utama dari adanya karang gigi. Perlu kamu ketahui, kunci utama agar gigi terbebas dari karang dan noda adalah menjaga kebersihan. Caranya yaitu menyikat ataupun berkumur dengan produk mouthwash, setidaknya dua kali dalam sehari.

Namun jika hal tersebut sudah dilakukan dan karang gigi tak kunjung rontok, kamu bisa memulai perawatan dengan memanfaatkan satu bahan dapur yaitu lemon. Bahan yang biasa digunakan untuk campuran masakan ini mengandung sifat pemutih alami yang bisa mencerahkan gigi secara alami. Selain itu, kandungan antibakteri di dalam lemon juga membantu untuk mengurangi bakteri dalam gigi.

Selain lemon, bahan tambahan berupa kulit pisang mengandung beberapa mineral seperti potasium dan magnesium. Kedua kandungan tersebut mampu memperkuat gigi dan gusi.

Lemon juga bisa mengatasi gigi kuning dan mengurangi bau mulut.

Sebagai buah yang tinggi akan kandungan asam, lemon dipercaya mampu mengikis bakteri penyebab gigi kuning. Kandungan pH pada buah sitrus ini juga mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi, lho. Selain itu, kandungan antibakteri di dalamnya juga berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab noda kuning dan membersihkan gigi secara alami. Nah, antibakteri di dalamnya juga akan mencegah perkembangan bakteri penyebab bau mulut.

Lemon bisa mengurangi radang gusi dan sakit gigi.

Selama ini, berkumur dengan air garam menjadi salah satu solusi untuk mengatasi radang gusi dan sakit gigi. Pasalnya garam mengandung antibakteri dan antiseptik yang dapat mengatasi berbagai permasalahan gigi dan gusi. Tak kalah ampuh dengan garam, lemon ternyata juga memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri yang efektif untuk membunuh bakteri atau kuman yang menyebabkan radang gusi dan sakit gigi. Kamu bisa berkumur dengan perasan lemon yang dilarutkan dalam air hangat.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES