Tak perlu putih telur, ini cara membersihkan pori-pori tersumbat pakai 1 jenis minuman

Tak perlu putih telur, ini cara membersihkan pori-pori tersumbat pakai 1 jenis minuman

Brilio.net - Pada kulit manusia, pori-pori memiliki fungsi sebagai tempat tumbuhnya rambut, saluran keluarnya keringat dan jalur minyak di kulit. Pori-pori pada kulit wajah dapat tersumbat karena kotoran, minyak, atau tumpukan sel kulit mati. Ketika pori-pori tersumbat, kondisi ini dapat menyebabkan wajah tampak kusam dan tekstur kulit menjadi kasar.

Pori-pori tersumbat dapat terjadi ketika minyak atau sel kulit mati terperangkap dalam lubang pori. Jika dibiarkan, hal ini dapat memicu sejumlah masalah kulit, seperti munculnya komedo atau jerawat yang meradang hingga bernanah. Normalnya, kelenjar di dalam kulit memang akan menghasilkan minyak alami yang disebut sebum.

Sebum ini kemudian akan dibawa ke permukaan kulit melalui pori-pori untuk melembapkan wajah. Selain menjaga kelembapan kulit, sebum dengan jumlah tepat sangat penting untuk melindungi kulit dari pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Akan tetapi, beberapa kondisi seperti perubahan hormon atau faktor dari lingkungan bisa menjadi penyebab kulit berminyak secara berlebihan.

Minyak berlebih, kotoran, serta sel kulit mati yang menumpuk inilah yang kemudian menyebabkan pori-pori tersumbat. Untuk meminimalkan risiko pori-pori tersumbat, kamu tentu harus menjaga kebersihan kulit dengan baik. Jika hal ini telah dilakukan, namun keluhan pori-pori tersumbat tetap muncul, kamu dapat mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membantu mengangkat kotoran yang tersumbat pada pori-pori wajahmu.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES