Tak perlu pakai kunyit, ini cara mencegah jerawat semakin parah dengan masker dari 1 jenis bahan kue

Tak perlu pakai kunyit, ini cara mencegah jerawat semakin parah dengan masker dari 1 jenis bahan kue

Brilio.net - Jerawat memang dapat muncul pada siapa pun dengan berbagai rentang usia. Meskipun jerawat umumnya lebih sering dialami oleh para remaja. Masalah kulit ini memang cukup mengganggu. Terlebih, jika jerawat tersebut muncul berulang-ulang selama bertahun-tahun.

Bahkan, American Academy of Dermatology melaporkan sekitar 86 persen orang yang berusia antara 12 sampai 24 tahun mengalami masalah jerawat yang parah. Jerawat parah biasanya ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, rasa gatal, perih, dan sakit yang tak tertahankan. Jerawat jenis ini bisa membuat penderitanya frustasi bahkan kehilangan percaya diri.

Jerawat adalah kondisi kulit yang umum terjadi ketika folikel rambut tersumbat. Sebum sebagai minyak yang membantu menjaga kulit agar tidak kering dan sel kulit mati, ternyata bisa menyumbat pori-pori.

Hal tersebut menyebabkan peradangan yang ditandai munculnya benjolan kecil di atas kulit yang terkadang berisi nanah. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung. Benjolan inilah yang disebut dengan jerawat.

Jika kamu mendapati wajah ditumbuhi beberapa jerawat, jangan langsung panik dan cemas. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar jerawat di wajah tidak semakin parah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tak perlu pakai kunyit yang justru akan meinggalkan bekas kuning pada wajah jika tak bersih dalam membilasnya.

Nah, solusinya kamu bisa menggunakan bahan alami lain seperti yang dibagikan oleh akun TikTok @brittany.xavier. Video tersebut berisi cara mencegah jerawat semakin parah dengan masker dari 1 jenis bahan kue. Bahan kue yang dimaksud adalah baking soda. Pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak almond atau almond oil.

"DIY acne treatment for clear skin (DIY Perawatan jerawat untuk kulit bersih)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @brittany.xavier, Jumat (25/8).

(brl/jad)

tags

STORIES