Tak perlu pakai bubuk kopi, ini trik ratakan kulit belang akibat paparan sinar UV pakai 1 jenis tepung

Tak perlu pakai bubuk kopi, ini trik ratakan kulit belang akibat paparan sinar UV pakai 1 jenis tepung

Brilio.net - Paparan sinar matahari yang begitu menyengat bisa menyebabkan sejumlah masalah. Salah satunya adalah kulit menjadi belang pada beberapa area, seperti tangan dan wajah. Perlu kamu ketahui, ketika kulit terpapar sinar UV, sel-sel kulit akan mengalami kerusakan. Sinar UV B merusak DNA dalam sel-sel kulit, sementara sinar UV A dapat merangsang produksi melanin.

Untuk melindungi kulit dari kerusakan yang lebih parah, sel-sel melanosit yang terletak di lapisan epidermis (jaringan terluar) mulai menghasilkan melanin. Melanin adalah pigmen yang berperan dalam memberikan warna pada kulit. Hal tersebut yang bisa menyebabkan perubahan warna kulit, mulai dari kemerahan atau menjadi lebih gelap. Proses ini merupakan bentuk alami untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berlebihan.

Untuk mencegah kulit wajah dan tangan belang, langkah yang perlu kamu lakukan adalah selalu menggunakan sunscreen untuk perlindungan kulit. Setelah itu, lakukan perawatan kulit dengan menggunakan produk yang tepat. Gunakan produk perawatan dengan kandungan vitamin C dan retinol untuk meratakan dan mencerahkan kulit belang.

Selain cara di atas, kamu juga bisa memakai trik lain. Hal ini yang juga dilakukan oleh pengguna kanal YouTube Meh Glow yang membuat masker dari bahan-bahan alami. Dalam videonya, ia tak menggunakan bubuk kopi yang dikenal bisa meratakan warna kulit. Sebagai gantinya, ia memakai bubuk chickpea atau lebih dikenal sebagai kacang arab.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES