Tak perlu operasi facelift, ini trik kencangkan kulit yang mengendur dengan 1 jenis biji-bijian

Tak perlu operasi facelift, ini trik kencangkan kulit yang mengendur dengan 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Penuaan adalah sebuah proses menurunnya efisiensi dan efektivitas organ tubuh dalam menopang fungsi yang seharusnya mereka jalankan. Pada kulit, fase ini sering kali ditandai dengan hilangnya kekencangan kulit seiring bertambahnya usia. Hal ini kemudian menyebabkan struktur kulit menjadi kendur dan dalam prosesnya memunculkan bekas kerutan seperti keriput dan garis halus.

Mengapa kulit seseorang menjadi kendur seiring dengan penuaan? Hal ini sebenarnya didasari pada faktor produksi kolagen dan elastin, dua komponen protein yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Sejalan dengan bertambahnya usia, kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen dan elastin akan menurun. Akibatnya, kulit pun menjadi sulit mempertahankan struktur dan kelembapan alaminya. Lambat laun, kulit wajah pun jadi kehilangan kekencangannya dan menjadi kendur.

Selain terjadi secara alami, beberapa faktor seperti sinar ultraviolet (UV) dari matahari, polusi udara, serta pola hidup yang tidak sehat seperti merokok juga membawa bahaya nyata dalam menurunkan tingkat elastisitas kulit. Setiap faktor tadi sama-sama membawa sifat merusak sel-sel kulit dan menganggu proses pembaharuan alami kulit. Akibatnya, tidak mengherankan jika banyak orang tampak sudah memiliki tanda-tanda penuaan di kulitnya meskipun masih berusia muda.

Namun begitu, kamu nggak perlu sampai melakukan operasi mahal seperti facelift dan suntik botoks untuk mengatasi masalah ini. Pasalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan alami untuk membantu memperlambat kemunculan penuaan di kulit.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan campuran biji cia dengan susu, aloe vera, dan madu. Cara ini sebagaimana diperagakan oleh pengguna akun Instagram @theglobalistagirl yang dilansir briliobeauty.net pada Selasa (19/9).

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES