Tak perlu minyak zaitun, ini trik cegah keriput berlebih di wajah akibat penuaan pakai 1 jenis minuman

Tak perlu minyak zaitun, ini trik cegah keriput berlebih di wajah akibat penuaan pakai 1 jenis minuman

Brilio.net - Keriput pada wajah adalah lipatan atau garis-garis halus yang muncul di permukaan kulit wajah. Keriput merupakan manifestasi fisik dari proses penuaan alami yang terjadi pada tubuh manusia seiring berjalannya waktu. Meskipun umumnya terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, keriput juga bisa terjadi pada orang muda, terutama jika mereka terpapar berbagai faktor risiko yang mempercepat proses penuaan kulit.

Sebagaimana telah disebutkan di atas, faktor utama yang menyebabkan keriput pada wajah ialah penuaan alami. Proses ini disebabkan oleh berkurangnya produksi kolagen dan elastin dalam kulit seiring bertambahnya usia. Kolagen dan elastin adalah protein penting yang menjaga kulit tetap kenyal, lembut, dan elastis. Ketika produksinya berkurang, kulit menjadi lebih tipis dan kendor, yang menyebabkan munculnya keriput.

Selain faktor usia, terdapat pula beberapa faktor eksternal yang mempercepat timbulnya keriput pada wajah. Paparan sinar UV dari matahari adalah salah satu faktor terbesar yang tidak hanya merusak kolagen dan elastin, namun juga menguapkan kelembapan alami yang penting dalam mempertahankan kesehatan kulit. Selain itu, pola makan yang tidak seimbang dan kurangnya hidrasi seperti minum air juga dapat berkontribusi pada munculnya keriput di wajah.

Untuk mengatasi masalah wajah tersebut, kamu nggak perlu bingung kok. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif mencegah kerutan kulit secara berlebihan. Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan campuran teh hijau, yoghurt, dan madu sebagaimana diperagakan oleh @jyotiagarwal7488 Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Kamis (21/9).

cegah keriput berlebih  Instagram

foto: freepik.com

Teh hijau mengandung polifenol, katekin, dan sifat antioksidan yang tinggi, sehingga memiliki sifat anti-penuaan dan antiinflamasi alami. Kandungan antioksidan dalam teh hijau membantu melawan radikal bebas yang merusak kulit. Sementara itu, kandungan polifenol dalam teh hijau membantu merangsang produksi kolagen sehingga elastisitas dan kekencangan kulit tetap terjaga. Plus, teh hijau juga memiliki efek antiinflamasi yang bermanfaat dalam mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit.

cegah keriput berlebih  Instagram

foto: freepik.com

Yogurt merupakan produk hasil fermentasi susu yang kaya akan manfaat. Yogurt mengandung asam laktat yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan elastisitas kulit. Bakteri baik dalam yogurt juga membantu menjaga keseimbangan pH kulit dan memberikan kelembapan sehingga dapat meminimalisasi potensi kerutan berlebih pada wajah.

cegah keriput berlebih  Instagram

foto: freepik.com

Madu sendiri telah umum dikenal mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan enzim dan antioksidan dalam madu merupakan zat yang efektif dalam meningkatkan elastisitas kulit dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Selain itu, madu penuh dengan faktor hidrasi yang dapat memberi kelembapan pada kulit dengan baik.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES