Tak perlu minyak zaitun, ini cara atasi kulit kepala kering dan berketombe pakai 1 jenis bumbu dapur

Tak perlu minyak zaitun, ini cara atasi kulit kepala kering dan berketombe pakai 1 jenis bumbu dapur

Brilio.net - Kondisi kulit kepala setiap orang berbeda-beda, ada yang normal, berminyak, hingga kering. Kulit kepala yang kering tentu saja akan menimbulkan berbagai macam masalah, salah satunya adalah kulit kepala yang terkelupas dan menghasilkan serpihan ketombe. Jika dibiarkan, hal ini akan memengaruhi kepercayaan dirimu.

Kebiasaan sehari-hari seperti kurang minum dan keramas terlalu sering bisa menyebabkan kulit kepala kering. Berbagai masalah kesehatan seperti eksim dan psoriasis juga turut serta jadi penyebab. Kulit kepala kering bisa menyebabkan serangkaian masalah seperti gatal, ketombe, dan rambut rontok.

Penyebabnya berbeda-beda, tetapi yang paling umum yaitu akibat reaksi terhadap perubahan cuaca dan produk perawatan rambut yang digunakan. Oleh karena itu, tak sedikit orang mencari cara untuk mengatasi kulit kepala kering dan berketombe.

Bukan dengan sampo antiketombe atau produk hair care lain di pasaran yang memiliki berbagai klaim, karena kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah ini. Kebanyakan orang memilih memanfaatkan minyak zaitun untuk melembapkan kulit kepalanya.

Memang diketahui, minyak zaitun memiliki beragam manfaat untuk kulit kepala dan rambut. Padahal ada bahan lain yang ternyata tak kalah ampuh lho. Salah satunya seperti video yang dibagikan oleh akun TikTok @engaammayi pada 30 Mei 2021.

Dalam unggahannya, pemilik akun memberikan cara atasi kulit kepala kering dan berketombe pakai 1 jenis bumbu dapur. Bumbu dapur yang dimaksud adalah bawang merah. Selain bawang merah, ia juga menambahkan bahan lain yaitu lidah buaya dan lemon.

"Homemade Hair Mask for healthy hair and scalp (Masker rambut buatan sendiri untuk kesehatan rambut dan kulit kepala)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @engaammayi, Kamis (17/8).

Atasi kulit kepala kering dan ketombe pakai 1 bumbu dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bawang merah mengandung vitamin C, E, dan A yang tinggi serta penting untuk kesehatan dan kekuatan batang rambut. Tak hanya itu, kandungan sulfur pada bawang merah juga sangat baik untuk meningkatkan kekuatan keratin pada rambut. Kandungan sulfur dan vitamin C pada bawang merah sangat efektif untuk mengusir ketombe dari kulit kepala.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES