Tak perlu mengunyah jahe, ini trik mudah rontokkan karang gigi membandel pakai 1 rempah dapur

Tak perlu mengunyah jahe, ini trik mudah rontokkan karang gigi membandel pakai 1 rempah dapur

Brilio.net - Setiap orang memerlukan makan dan minum untuk mengisi energi tubuh mereka. Proses ini jelas akan melibatkan gigi. Gigi merupakan salah satu organ terpenting dalam sistem pencernaan yang berfungsi melunakkan makanan agar mudah dicerna oleh perut. Namun begitu, proses makan dan minum ini seringkali meninggalkan kotoran di sela-sela gigi yang kadang luput dari perhatian.

Sisa kotoran yang tak dibersihkan dengan sempurna itu lama-kelamaan dapat menumpuk dan menimbulkan masalah berupa karang gigi. Karang gigi, atau dikenal dengan istilah dental calculus di dunia medis, merupakan istilah yang menggambarkan terjadinya pengerasan (kalsifikasi) kotoran di mulut akibat reaksinya dengan bakteri dan air liur. Masalah ini tidak hanya membuat gigi menguning dan terkesan kotor, namun juga menimbulkan bau mulut.

Penyebab utama timbulnya karang gigi adalah kebiasaan buruk, seperti tidak menjaga kebersihan mulut secara teratur. Selain faktor tersebut, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi juga bisa memicu berkembangnya bakteri dalam mulut. Kalau sudah seperti itu, karang gigi jadi sulit dihilangkan.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES