Tak perlu madu, ini trik cerahkan warna bibir hitam akibat merokok pakai 1 jenis buah

Tak perlu madu, ini trik cerahkan warna bibir hitam akibat merokok pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Bibir pada dasarnya memiliki warna dasar merah muda. Hal ini dikarenakan bibir memiliki banyak kelenjar pembuluh darah di dalamnya yang membuat warna tersebut akan keluar. Akan tetapi, sama seperti wajah, ada banyak hal yang kemudian dalam prosesnya justru akan merusak kulit bibir dan memicu warna bibir mengalami hiperpigmentasi. Kondisi ini umumnya terjadi pada pria, namun wanita juga tak luput dari persoalan ini.

Salah satu tipe yang banyak memiliki warna bibir gelap adalah orang yang sering merokok. Hal ini disebabkan oleh komponen kimia berupa nikotin dan tar dalam rokok dapat mengurangi aliran darah ke bibir sehingga berujung pada berubahnya warna bibir menjadi lebih gelap.

Rokok juga dapat mempercepat penguapan kelembapan bibir sehingga menjadi kering dan pecah-pecah. Alhasil, tidak hanya kehilangan warna yang menarik, bibir pun menjadi rusak dalam prosesnya.

Eits, walau begitu, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu khawatir kok. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif untuk membantu memudarkan penggelapan dan mencerahkan kembali bibir. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan khasiat dari lemon dan gula sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari Instagram @anamikaversat, pada Jumat (25/8).

cerahkan warna bibir hitam akibat merokok  Instagram

cerahkan warna bibir hitam akibat merokok
freepik.com

Lemon merupakan buah yang diketahui kaya akan vitamin C, antioksidan, dan asam alpha-hydroxy. Ketiga senyawa ini bekerja dengan membantu mengurangi produksi melanin berlebih dan membantu memudarkan warna gelap pada bibir. Selain itu, lemon juga dapat membantu pengelupasan sel kulit mati pada bibir sehingga menstimulasi munculnya kulit bibir yang lebih sehat.

cerahkan warna bibir hitam akibat merokok  Instagram

cerahkan warna bibir hitam akibat merokok
freepik.com

Gula adalah bahan pemanis alami yang bisa digunakan sebagai scrub atau eksfoliator alami, termasuk untuk bibir. Gula memiliki tekstur butiran yang lembut, sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit bibir.

Nah, sifat gula ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menjadikan bibir lebih halus. Selain itu, penggunaan scrub berbasis gula juga dapat menstimulasi sirkulasi darah pada area terkait sehingga dalam prosesnya akan membuat warna bibir menjadi lebih cerah dan merah alami.

Kedua bahan di atas bisa kamu gunakan dengan mengikuti langkah simpel di bawah ini.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES