Tak perlu madu, ini trik bikin masker penghilang jerawat dalam semalam pakai 1 jenis daun

Tak perlu madu, ini trik bikin masker penghilang jerawat dalam semalam pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Jerawat merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan kondisi pembengkakan kulit oleh darah dan nanah. Hal ini umumnya terjadi akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh gabungan kotoran, sebum, dan sel-sel kulit mati yang bersifat kotor. Penyumbatan ini memicu bakteri jahat di kulit berkembang biak dengan cepat sehingga menimbulkan peradangan.

Nah, proses peradangan inilah yang dapat membuat kulit membentuk jerawat. Ada banyak hal yang dapat memicu munculnya jerawat. Misalnya, kondisi cuaca yang panas disertai polusi dapat merangsang terbukanya pori-pori kulit, sehingga mempermudah polusi eksternal seperti debu masuk ke dalam rongga kulit dan mengakibatkan penyumbatan pori-pori.

Selain itu, faktor perubahan hormonal yang signifikan selama masa pubertas atau menstruasi juga dapat merangsang kelenjar sebaceous di dalam kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak, sehingga mempermudah terbentuknya jerawat. Apabila tidak ditangani dengan baik, jerawat dapat berujung pada luka di dalam kulit.

Peradangan yang terus berlanjut sejatinya dapat merusak skin barrier atau dinding folikel kulit yang mengelilingi pori-pori. Jika lapisan pelindung rusak, hal ini akan berujung pada kerusakan jaringan yang lebih luas dan menyebabkan terbentuknya luka mendalam. Jika kamu tengah dihadapkan dengan masalah ini, nggak perlu bingung.

(brl/mal)

tags

STORIES