Tak perlu madu, ini trik bikin kulit kering bebas rasa ketarik pakai face mist dari 1 jenis sayuran

Tak perlu madu, ini trik bikin kulit kering bebas rasa ketarik pakai face mist dari 1 jenis sayuran

Brilio.net - Salah satu ciri-ciri kulit yang sehat dapat dilihat dari level kelembapannya. Kulit yang sehat sejatinya memiliki tingkat hidrasi yang baik, sehingga akan tampak lembut, segar dan, kenyal. Hal ini dikarenakan kelembapan dalam kulit pada dasarnya menjadi salah satu faktor utama yang mendukung kekuatan sel penyusun struktur dan pelindung kulit. Sebaliknya, kulit yang kehilangan faktor hidrasi justru akan rentan terkena banyak masalah, terutama kondisi kulit yang menjadi kering kerontang.

Terdapat banyak faktor yang dapat memengaruhi cepatnya hilang esensi kelembapan wajah dalam beraktivitas sehari-hari. Selain minimnya produksi sebum sebagai pelumas alami kulit, efek dari paparan sinar matahari, polusi, dan cuaca ekstrem pada dasarnya dapat merusak sel kolagen dan menguapkan kandungan air yang dipertahankan dalam lapisan kulit. Apabila tidak ditangani dengan baik, hal ini akan menyebabkan kulit secara perlahan kehilangan kelembapan alaminya dan menyebabkan efek gatal, kemerahan, dan rasa ketat tertarik pada wajah.

Dari penjelasan di atas, maka jelas menjadi suatu hal penting bagi setiap orang untuk secara konsisten menjaga level kelembapan kulit. Untuk itu, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan alami sebagai solusi untuk melembapkan kulit kapanpun dibutuhkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran mentimun, aloe vera, dan air mawar, sebagaimana dijelaskan oleh @bigbazaar_beautyready melalui Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Jumat (15/9).

bebas rasa ketarik  Instagram

foto: freepik.com

Timun merupakan bahan alami yang efektif untuk merawat kulit yang kering. Kandungan air yang tinggi dalam timun efektif membantu menghidrasi kulit kering hingga lapisan terdalam di bagian epidermisnya. Selain itu, timun juga mengandung senyawa antioksidan dan vitamin C yang membantu mengurangi peradangan dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Kualitas astringen pada timun juga membantu menenangkan dan mengencangkan kulit yang kendur dan penuh kerutan.

bebas rasa ketarik  Instagram

foto: freepik.com

Tanaman aloe vera memiliki gel transparan yang mengandung beragam nutrisi penting, seperti enzim, asam amino, vitamin, dan mineral. Kandungan dari berbagai komponen tersebut memiliki sifat antiinflamasi dan menenangkan, sehingga dapat membantu meredakan kulit yang iritasi. Selain itu, kandungan air pada aloe vera membantu memberikan hidrasi pada kulit, membuatnya terasa lebih segar dan kenyal.

bebas rasa ketarik  Instagram

foto: freepik.com

Selain baunya yang harum, air bunga mawar rupanya mengandung banyak komponen berupa vitamin serta asam lemak esensial. Khasiat antioksidan dari vitamin E dalam bunga mawar ini dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Vitamin C sendiri dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, dan vitamin A dapat menstimulasi regenerasi sel kulit. Kombinasi dari seluruh vitamin ini membuat air mawar dapat memberi kelembapan dan menghaluskan kulit secara baik.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES