Tak perlu lemon, ini cara atasi kulit ujung jari retak dan kering menguning pakai 2 bahan alami

Tak perlu lemon, ini cara atasi kulit ujung jari retak dan kering menguning pakai 2 bahan alami

Brilio.net - Cracked fingertips adalah istilah untuk kondisi kulit yang kekurangan kelembapan di ujung jari. Kulit bisa menjadi kering karena terpapar cuaca ekstrem, misalnya dingin, panas, atau kering. Akibatnya, kulit mengalami pecah-pecah dan berubah warna menjadi kuning. Perubahan warna ini bisa disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit.

Dilansir briliobeauty.net dari verywellhealth.com, Selasa (26/9), ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan kulit ujung jari kering dan retak. Salah satunya adalah menggunakan sabun atau pembersih yang mengandung zat kimia yang keras. Faktor lainnya adalah terlalu banyak terkena sinar matahari, mandi dengan air panas terlalu lama, dan mencuci kaki terlalu sering sehingga kelembapan alami kulit hilang.

Untuk mengembalikan penampilan jari kaki yang halus dan tak berwarna kuning, ada satu trik yang bisa kamu pakai. Salah satunya adalah menggunakan pelembap. Tak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk membeli pelembap. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Tak perlu lemon, sebagai gantinya kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai bahan utama. Minyak kelapa adalah pelembap alami yang kaya asam lemak, terutama asam laurat. Kandungan tersebut dapat membantu melembapkan kulit. Bahan ini juga memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu mengatasi peradangan dan infeksi.

Bahan tambahan yaitu garam dapur. Di mana sifat eksfoliasi alami pada garam dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan menghaluskan kulit yang kasar. Bahan dapur ini juga dapat membantu membersihkan area ujung jari yang retak dari bakteri dan kotoran.

Bahan tambahan ketiga yaitu petroleum jelly yang memiliki kandungan mineral, sehingga bisa menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari kekeringan. Bahkan petroleum jelly juga bisa melindungi ujung kulit yang retak.

Tertarik untuk atasi ujung kulit jari retak dan kering menguning pakai bahan-bahan di atas? Untuk itu, kamu bisa mengikuti tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube Wonderland Beauty.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES