Tak perlu krim kolagen, ini cara pudarkan garis halus di wajah pakai masker dari 1 jenis tepung

Tak perlu krim kolagen, ini cara pudarkan garis halus di wajah pakai masker dari 1 jenis tepung

Brilio.net - Berbagai aktivitas di luar ruangan memang menjadi tantangan tersendiri. Tidak hanya tenaga nih, bagian luar diri kamu juga mendapatkan tantangan luar biasa dari paparan sinar matahari. Selama berada di luar ruangan, kulit mudah terpapar berbagai radikal bebas, seperti polusi, debu, dan kotoran lain. Kondisi ini dapat membuat kulit mengalami banyak masalah, bahkan jika tidak dirawat dengan baik, berisiko mempercepat penuaan dini.

Seperti yang diketahui, radikal bebas seperti polusi udara, mengandung partikel-partikel mikroskopis yang bisa merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Terlebih lagi jika terpapar sinar matahari berlebihan. Sinar UV dari matahari menjadi penyebab utama penuaan dini dan munculnya garis halus. Bukan tanpa sebab, sinar UV ini bisa merusak kolagen dan elastin di dalam kulit, sehingga menyebabkan kerusakan sel dan hiperpigmentasi.

Jika tanda penuaan ini mulai muncul pada permukaan wajah, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah rutin melakukan perawatan. Seperti membersihkan wajah, menggunakan pelembap, dan tabir surya. Selain itu, biasanya banyak orang yang menggunakan krim kolagen untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Namun sayangnya, krim kolagen dibanderol dengan harga yang cukup menguras kantong. Sebagai gantinya kamu bisa merawat wajah dengan memanfaatkan masker yang terbuat dari bahan alami. Trik inilah yang digunakan oleh pengguna YouTube diynaturalrecipes.

Dia memakai bahan utama berupa tepung flaxseed. Bahan ini berasal dari biji rami yang dibuat dengan cara digiling untuk menjadi tepung. Biji rami adalah sumber nutrisi yang kaya akan berbagai senyawa bermanfaat, termasuk serat, dan asam lemak. Semua kandungan tersebut bisa mencegah penuaan dini, memudarkan garis halus, dan melawan radikal bebas.

Selain biji rami, bahan baku kedua yang digunakan adalah bunga chamomile. Bunga ini mengandung senyawa, seperti bisabolol dan azulene yang memiliki sifat antiinflamasi. Ini berarti chamomile dapat membantu meredakan peradangan pada kulit, yang seringkali menjadi penyebab garis halus. Chamomile juga bisa mengatasi iritasi pada kulit dan menjadi penenang.

(brl/ola)

tags

STORIES