Tak perlu ke dokter, begini trik rontokkan karang gigi dan atasi bau mulut hanya pakai 1 sayuran

Tak perlu ke dokter, begini trik rontokkan karang gigi dan atasi bau mulut hanya pakai 1 sayuran

Kesehatan mulut merupakan bagian tubuh yang wajib dijaga setiap hari. Pasalnya, sebagai organ tubuh yang selalu digunakan untuk mengunyah, pasti meninggalkan sejumlah sisa-sisa makanan ataupun minuman setiap harinya.

Jika tidak dibersihkan secara rutin, hal tersebut bisa menimbulkan sejumlah masalah, seperti karang gigi dan bau mulut. Kondisi ini mungkin nantinya dapat mengganggu penampilan kamu dan orang-orang di sekitar kamu. Melihat adanya masalah tersebut penting bagi kamu untuk mulai menjaga kebersihan mulut agar gigi terhindar dari plak dan bau tak sedap.

Karang gigi merupakan lapisan keras yang terbentuk di atas gigi karena penumpukan plak yang sulit untuk dihilangkan. Plak ini menjadi lapisan lengket yang terdiri dari bakteri, sisa makanan, dan saliva. Penyebab utamanya adalah kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik, seperti tidak menggosok gigi dua kali sehari.

Selain itu, beberapa jenis makanan yang tinggi gula dan asam dapat meningkatkan risiko terbentuknya karang gigi. Sementara bau mulut disebabkan oleh bakteri yang memakan sisa-sisa makanan tertinggal, sehingga menghasilkan zat-zat yang berbau tidak sedap.

Perlu kamu ketahui pula, mengonsumsi bawang putih dan merah, serta makanan pedas dapat meningkatkan risiko bau mulut.

Namun kamu nggak perlu khawatir, kedua masalah ini dapat diatasi dengan berbagai cara. Selain rutin membersihkan gigi ke klinik gigi, kamu juga bisa menggunakan cara alami.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES