Tak perlu ke dokter, begini cara mengatasi melasma hanya pakai masker dari 1 jenis daun

Tak perlu ke dokter, begini cara mengatasi melasma hanya pakai masker dari 1 jenis daun

Brilio.net - Masalah kulit seperti bintik hitam memiliki berbagai jenisnya, salah satunya adalah melasma. Kondisi kulit ini terjadi karena peningkatan produksi melanin dalam kulit. Biasanya, melasma muncul dengan bintik abu-abu gelap di area wajah. Selain itu, bintik gelap ini cenderung muncul dengan bentuk yang simetris pada kedua sisi wajah, contohnya saja di pipi kanan dan kiri. Selain itu, melasma biasanya muncul dengan ukuran bercak yang lebih besar.

Penyebab utamanya adalah perubahan hormon estrogen dan progesteron yang terjadi selama kehamilan dan menopause. Untuk mengatasi melasma, kebanyakan orang akan pergi berkonsultasi ke dokter kecantikan untuk mendapatkan produk perawatan. Salah satu produk tersebut adalah skincare dengan kandungan asam kojik, asam azelaic, hidrokuinon, dan retinoid.

Selain produk skincare, melasma juga dapat diatasi menggunakan metode kecantikan yaitu laser dan peeling. Tidak hanya dengan metode kecantikan itu, melasma juga bisa kamu atasi menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami.

Bahan kali ini yang digunakan adalah daun jambu biji atau psidium guajava. Daun ini memiliki berbagai kandungan, seperti antioksidan dan sifat antiinflamasi. Kedua sifat tersebut dapat membantu meredakan peradangan karena melasma, membantu melindungi dari paparan sinar matahari, mencerahkan, dan menjaga kulit agar tetap sehat.

Masker tersebut tidak hanya menggunakan satu bahan utama saja, terdapat bahan lain yaitu lemon dan madu sebagai pelengkap. Lemon memiliki kandungan berupa asam sitrat yang dapat mengurangi produksi melanin berlebih. Di sisi lain, madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu memudarkan bekas luka dan pigmentasi berlebih sehingga dapat mencerahkan kulit.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES