Tak perlu jeruk, ini trik putihkan wajah kusam dan kulit belang pakai 1 jenis umbi-umbian

Tak perlu jeruk, ini trik putihkan wajah kusam dan kulit belang pakai 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Paparan matahari dan polusi merupakan salah satu konsekuensi yang harus dihadapi seiring bertambahnya aktivitas dan umur seseorang. Ya, sinar matahari memang diketahui memiliki manfaat dalam menstimulasi regenerasi vitamin D di kulit untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Namun begitu, sinar matahari dan polusi juga menjadi biang utama munculnya masalah kulit, terutama kesan kusam dan warna kulit yang menjadi belang.

Secara singkat, kulit kusam merupakan kulit yang kehilangan kecerahan dan sinar alaminya. Sementara itu, kulit belang adalah kondisi dimana warna kulit di area tertentu menjadi tidak merata dengan warna kulit keseluruhan. Kedua masalah ini keseringan dipicu oleh hal yang sama, yakninya sinar matahari dan polusi di sekitar.

Mengapa paparan sinar matahari dan polusi dapat memunculkan masalah kulit tersebut? Sejatinya, sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat meningkatkan produksi melanin (pigmen warna) dengan cepat sehingga menggelapkan warna kulit dalam prosesnya. Sementara itu, polusi udara sendiri jelas dapat membuat kulit menjadi kotor karena banyaknya debu dan kotoran yang dibawa bersamanya menempel di kulit wajah masing-masing orang, menghilangkan kecerahan alami kulit.

Eits, walau begitu, kamu nggak usah panik kok jika dihadapkan pada kondisi tersebut. Soalnya, kamu bisa mencoba membuat racikan dari bahan alami sebagai solusi alternatif mengatasi masalah tersebut. Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan campuran kentang dan aloe vera sebagaimana diperagakan oleh @ravleenbaggaofficialdi Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Selasa (17/10).

putihkan wajah kusam  Instagram

foto: freepik.com

Kentang merupakan sejenis umbi-umbian yang kaya akan kandungan vitamin C, enzim papain, dan antioksidan seperti vitamin B dan kalium. Kandungan-kandungan di atas memiliki sifat pemutih alami yang bekerja secara efektif membantu mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit, melahirkan kulit yang lebih cerah dalam prosesnya. Selain itu, enzim papain di dalam kentang memiliki sifat antiinflamasi dan eksfoliasi ringan yang bisa membantu proses regenerasi kulit menjadi lebih baik.

putihkan wajah kusam  Instagram

foto: freepik.com

Aloe vera adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat. Gel aloe vera tidak hanya mengandung senyawa yang dapat mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit, tetapi juga membantu menghambat produksi melanin yang berlebihan dengan kandungan seperti aloin dan vitamin di dalamnya. Oleh karena itu, aloe vera mampu membantu proses mencerahkan kulit dan mengurangi tampilan kulit kusam.

(brl/pep)

tags

STORIES