Tak perlu face paper, ini cara atasi wajah berminyak dan mudah berkomedo pakai 1 jenis rempah

Tak perlu face paper, ini cara atasi wajah berminyak dan mudah berkomedo pakai 1 jenis rempah

Brilio.net - Wajah yang berminyak bisa menjadi pemicu masalah kulit wajah yang lain. Seperti komedo, beruntusan, hingga jerawat yang meradang. Kulit wajah berminyak ini terjadi ketika kelenjar minyak pada kulit memproduksi sebum yang berlebih. Sebum merupakan zat berminyak dan berlilin yang berfungsi untuk melindungi dan menghidrasi kulit.

Minyak alami kulit yang disebut sebum ini memang penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Namun, jika produksinya terlalu banyak justru dapat menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat penyebab komedo, dan muncul jerawat. Selain membuat wajah tidak enak dilihat, pemakaian makeup juga jadi mudah luntur.

Selain itu, sel-sel kulit mati pada orang dengan tipe wajah berminyak biasanya sulit untuk luruh dan terlepas. Akibatnya, sel kulit mati yang seharusnya rontok justru menyumbat pori-pori wajah. Hal ini yang menjadi cikal bakal munculnya komedo. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab wajah berminyak, seperti faktor keturunan, gangguan hormon, pertambahan usia, sering melakukan aktivitas di luar ruangan, dan stres berlebihan.

Untuk mengatasinya, banyak orang mengandalkan penggunaan face paper untuk mengurangi kilau dan minyak yang ada di permukaan kulit. Namun cara ini dinilai kurang efektif karena minyak akan terus keluar dan justru membuat wajah jadi tampak kusam.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES