Tak perlu deodoran, ini trik hilangkan bau badan dan keringat berlebih di ketiak pakai 1 jenis daun

Tak perlu deodoran, ini trik hilangkan bau badan dan keringat berlebih di ketiak pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Bau badan dan keringat berlebih merupakan masalah yang umum terjadi pada siapapun. Sebenarnya keringat itu sendiri tidak berbau dan bau badan berasal dari bakteri yang hidup di bagian tubuh yang berkeringat. Jadi, membersihkan tubuh setelah berkeringat merupakan salah satu cara menghilangkan bau badan.

Bakteri tumbuh subur di lingkungan yang lembap, misalnya di ketiak. Saat berkeringat, bakteri tersebut memecah protein tertentu dalam keringat menjadi asam. Jadi, bukan bakterinya yang bau, melainkan produk sampingan dari bakteri yang memecah keringat ini yang menyebabkan munculnya aroma tidak sedap.

Perlu diketahui bahwa tubuh memiliki dua kelenjar keringat utama, yaitu ekrin dan apokrin. Kelenjar ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Kelenjar ekrin hampir menutupi sebagian besar kulit tubuh kamu. Sementara itu, kelenjar apokrin biasanya terdapat pada area kulit yang ditumbuhi rambut, seperti selangkangan, ketiak, dan sekitar payudara.

Saat suhu tubuh meningkat, kelenjar keringat akan mendinginkan tubuh dengan mengeluarkan keringat. Nah, keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat apokrin ini mengandung lemak dan sangat mudah diurai oleh bakteri dibanding keringat kelenjar ekrin yang berbasis air. Itulah sebabnya di daerah ketiak, selangkangan, atau sekitar payudara kamu bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Meski bau badan bukan kondisi yang berbahaya, namun kemunculannya kerap menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri dan merasa terganggu. Oleh karenanya, kebanyakan orang menggunakan deodoran untuk menyamarkan bau badannya. Padahal, penggunaan deodoran yang terlalu sering juga tidak baik lho. Pasalnya, bahan kimia pada deodoran kerap kali membuat kulit ketiak jadi iritasi.

Padahal ada lho cara alami untuk menghilangkan bau badan dan keringat berlebih pada ketiak. Salah satunya adalah video yang dibagikan oleh akun TikTok @novelaragilamanta pada 13 Mei 2023 lalu. Dalam unggahannya ia memberikan trik hilangkan bau badan dan keringat berlebih pada ketiak pakai 1 jenis daun. Daun yang digunakan adalah daun jeruk. Tak hanya daun jeruk, pemilik akun juga menggunakan garam sebagai bahannya.

"CARA MENGHILANGKAN BAU KETIAK YANG MENGGANGGU," katanya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @novelaragilamanta, Jumat (16/6).

Trik hilangkan bau badan dan keringat berlebih pada ketiak pakai 1 jenis daun Berbagai sumber

foto: freepik.com

Ada berbagai manfaat daun jeruk untuk kesehatan dan kecantikan tubuh yang teruji secara klinis. Oleh sebab itu, manfaat daun jeruk untuk kesehatan dan kecantikan cukup menarik perhatian untuk diketahui. Banyaknya manfaat daun jeruk tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Pasalnya, daun jeruk mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun jeruk di antaranya seperti serat, protein, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, vitamin C, antioksidan dan masih banyak lagi nutrisi dalam daun jeruk lainnya. Salah satu manfaat daun jeruk adalah dapat mencegah bakteri.

Daun jeruk mengandung zat yang memiliki antibakteri terhadap Staphylococcus aureus yang merupakan patogen pada kulit. Daun jeruk dapat dijadikan sebagai antiseptik topikal yang efektif. Adanya antibakteri dan bau yang enak juga menjadi salah satu alasan mengapa daun jeruk ada di deodoran. Oleh karenanya, daun jeruk bisa membantu mengatasi bau badan.

Sedangkan, garam merupakan natrium klorida bersifat antibakteri, sehingga ampuh membunuh bakteri penyebab bau badan. Garam memiliki khasiat pembersih yang kuat, yang menghilangkan kelebihan keringat dan memengaruhi aksi mikroba yang tinggal di permukaan kulit.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES