Tak perlu beli produk mahal, begini cara membuat serum antiaging pakai 1 jenis rempah

Tak perlu beli produk mahal, begini cara membuat serum antiaging pakai 1 jenis rempah

Brilio.net - Biasanya tanda-tanda penuaan di kulit wajah umumnya muncul saat memasuki usia 30-an. Seiring bertambahnya usia, semakin terlihat jelas kerutan dan penuaan pada kulit wajah. Tidak dapat dimungkiri bahwa tanda-tanda penuaan dini dapat membuat rasa percaya diri menurun.

Masalah penuaan kerap mengancam penampilan masyarakat, apalagi bagi mereka masih berusia muda. Untuk menghindari penuaan dini, ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti perawatan kecantikan hingga menggunakan skincare antiaging. Perawatan dengan antiaging bisa kamu lakukan sedini mungkin untuk menghindari timbulnya kerutan, garis halus, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan serum antiaging yang bagus untuk membuat kulit kamu lebih sehat dan terawat. Serum antiaging umumnya memiliki berbagai kandungan bahan aktif yang efektif dalam melawan tanda-tanda penuaan karena serum memiliki konsentrasi jauh lebih tinggi dibandingkan produk perawatan wajah lainnya. Sebagian besar bahan serum antiaging memiliki kualitas pelembap yang bagus untuk kulit kering, sehingga kulit tetap kencang.

Serum antiaging juga akan merevitalisasi wajah dengan nutrisi yang dibutuhkan. Serum akan membantu pertumbuhan kulit yang lebih sehat, sehingga kulit jadi glowing dan mengurangi tanda penuaan seperti keriput. Nah, meskipun sudah banyak produk serum antiaging yang dijual di pasaran dengan berbagai klaimnya, namun bagi sebagian orang, produk tersebut memiliki harga yang relatif mahal.

Jika kamu salah satunya, tak perlu risau, pasalnya kamu bisa kok membuat serum antiaging sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bahkan kamu bisa menemukan bahannya di dapurmu. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @lunasrasoighar pada 1 Februari 2023 lalu.

Video yang diupload tersebut berisi tentang cara membuat serum antiaging pakai 1 jenis rempah. Rempah yang digunakan adalah cengkeh. Tak hanya cengkeh, karena pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak vitamin E. "Natural skin serum for winkles (Serum kulit alami untuk kerutan)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @lunasrasoighar, Selasa (30/5).

Cara membuat serum antiaging pakai 1 jenis rempah  Berbagai sumber

foto: freepik.com

Cengkeh merupakan salah satu rempah-rempah serbaguna dengan rasa manis serta memiliki aroma yang khas. Cengkeh memiliki banyak nutrisi di dalamnya yang mampu membantu merawat kulit wajah. Cengkeh diperkaya oleh antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu penuaan dini.

Selain eugenol, cengkeh mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetraliasi radikal bebas. Kekuatan antioksidan dalam cengkeh bahkan dilaporkan lima kali lebih efektif daripada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.

Begitupun dengan minyak vitamin E yang memiliki berbagai manfaat untuk kulit, mulai dari mengurangi peradangan, membantu pembentukan kolagen, hingga meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Manfaat ini didapat karena vitamin E akan diserap oleh lapisan epidermis kulit dan digunakan untuk memperbaiki kulit yang mengalami kerusakan.

Vitamin E diklaim dapat mengurangi peradangan (baik yang terjadi di dalam tubuh atau kulit), sehingga membuat kulit lebih sehat dan awet muda. Sifat antioksidan yang ada pada vitamin E juga dianggap dapat mempercepat regenerasi kulit, mencegah kerusakan kulit, dan melindungi dari kanker kulit.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES