Tak perlu beli porepack lagi, ini cara kecilkan pori-pori agar wajah bebas minyak pakai 1 bahan masak

Tak perlu beli porepack lagi, ini cara kecilkan pori-pori agar wajah bebas minyak pakai 1 bahan masak

Brilio.net - Kulit yang tampak greasy dan berminyak merupakan salah satu kondisi yang sering muncul saat seseorang melakukan banyak gerak dan aktivitas. Ya, selain akan merasa cepat gerah karena rasa panas dan produksi keringat yang dikeluarkan kulit, aktivitas padat juga dapat memicu kulit untuk mengeluarkan banyak minyak. Akibatnya, orang-orang menjadi merasa tidak nyaman dikarenakan kulit wajah mereka pun menjadi terlihat kusam dan kotor.

Mengapa masalah tersebut dapat terjadi? Hal ini disebapkan akitivitas tinggi disertai cuaca panas dapat membuka pori-pori kulit dan memicu kelenjar sebasea menghasilkan lebih banyak sebum untuk mengimbangi penguapan air oleh keringat yang terjadi.

Kondisi ini pun kemudian sering disertai dengan mudahnya kotoran dan debu dari lingkungan menempel pada pori-pori kulit berminyak tadi sehingga membuatnya tersumbat. Apabila tidak ditangani dengan baik, situasi tersebut dapat memunculkan masalah lain berupa komedo dan jerawat.

Namun begitu, kamu yang dihadapkan pada masalah ini nggak perlu bingung kok. Pasalnya, kamu bisa menggunakan berbagai bahan alami yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih sebagai solusi alternatif. Salah satu caranya dibagikan oleh @iam_grincy di Instagram yang dilansir brilobeauty.net pada Jumat (6/10) yang memanfaatkan bahan-bahan alami berupa tepung beras dan aloe vera.

Tak perlu beli porepack lagi  Instagram

foto: freepik.com

Tepung beras mengandung komponen nutrisi seperti vitamin B, mineral, dan asam amino yang bermanfaat untuk memberi nutrisi sehat pada kulit. Tepung beras juga memiliki sifat eksfolian lembut dan absorben yang bekerja secara efektif menyerap minyak berlebih dari kulit dan membersihkan pori-pori, sehingga mengurangi jumlah kotoran di kulit. Hal ini kemudian akan membersihkan kulit dan mengurangi potensi munculnya komedo.

Tak perlu beli porepack lagi  Instagram

foto: freepik.com

Gel dalam daun aloe vera tidak hanya memiliki efek melembapkan, namun juga dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Hal ini membuat aloe vera efektif mengurangi potensi tersumbatnya pori-pori wajah akibat menempelnya kotoran seperti polusi dan debu. Selain itu, aloe vera mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang membantu menenangkan kulit serta merangsang regenerasi sel penyusun struktur kulit.

(brl/pep)

tags

STORIES