Tak perlu beli nose strip, ini cara atasi komedo membandel di area hidung hanya pakai 1 bahan dapur

Tak perlu beli nose strip, ini cara atasi komedo membandel di area hidung hanya pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Komedo adalah salah satu masalah kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan. Kondisi ini dapat membuat wajah terasa bertekstur, kusam, memiliki warna tidak merata, dan menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat meradang di wajah. Biasanya komedo akan muncul di area T-zone wajah, seperti hidung, dagu, dahi, hingga terkadang di pipi. Ini karena area tersebut, produksi minyak atau sebum lebih banyak dibandingkan area wajah yang lain.

Hidung adalah bagian wajah yang rentan berminyak, sehingga lebih mudah mengalami sumbatan pori-pori oleh kotoran. Kotoran yang dimaksud adalah sel kulit mati, sisa makeup, hingga polusi yang akan bercampur dengan sebum dan menyumbat pori-pori wajah. Sumbatan pori-pori yang tak segera dibersihkan ini akan berubah menjadi komedo.

Walaupun cenderung membandel, tapi komedo yang ada di hidung bisa dihilangkan. Caranya, tentu saja, tidak dengan memencet hidung agar komedo keluar dari pori-pori. Hal ini justru akan memperburuk kondisi kulit karena bisa membuat kulit mengalami peradangan dan meninggalkan bekas di kulit wajah. Tak hanya itu saja, bahkan ada beberapa orang yang juga mengandalkan penggunaan nose strip untuk membantu mengangkat komedo di hidung.

Padahal kamu juga bisa lho membuat nose strip sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan rumahan yang lebih murah, namun tak kalah efektif untuk mengangkat komedo di hidung. Seperti unggahan yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @flourishxfertility pada 19 Oktober 2023, yang berisi tentang cara atasi komedo membandel di area hidung hanya pakai 1 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah bubuk gelatin.

"DIY PORE STRIP," tulisnya dalam keterangan video unggahan yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @flourishxfertility, Selasa (6/2).

Gelatin atasi komedo hidung TikTok

foto: TikTok/@flourishxfertility

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES