Tak perlu beli mouth spray, ini trik membuat obat kumur pencegah bau mulut pakai 1 jenis rempah

Tak perlu beli mouth spray, ini trik membuat obat kumur pencegah bau mulut pakai 1 jenis rempah

Brilio.net - Bau mulut merupakan salah satu permasalahan yang sangat mengganggu baik bagi individu itu sendiri maupun orang lain. Bau mulut mungkin bukan masalah serius, tetapi mengutip Everyday Health, sekitar 25-30 persen populasi dunia menderita masalah ini. Jarang menggosok gigi atau tidak terjaganya kebersihan gigi dan mulut merupakan penyebab bau mulut yang paling sering terjadi.

Tidak rutin menggosok gigi setiap hari akan membuat serpihan sisa makanan tertinggal di mulut. Bakteri akan tumbuh pada serpihan tersebut, lalu mengeluarkan senyawa berbau tidak sedap penyebab bau mulut. Jika terus dibiarkan, bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak, hingga akhirnya membentuk plak gigi. Ketika itu terjadi, bau yang muncul bisa lebih parah.

Oleh karenanya, rutin membersihkan gigi amatlah penting guna menjaga kesehatan gigi dan mencegah bau mulut. Selain karena jarang menggosok gigi, kurangnya air liur akibat mulut kering juga dapat menyebabkan bau mulut. Pasalnya, air liur berperan membersihkan serpihan makanan dan benda asing di dalam mulut. Bau mulut akibat mulut kering biasanya terjadi saat baru bangun tidur, terutama jika sebelumnya tidur dengan mulut terbuka.

Maka dari itu, penting untuk sesegera mungkin menghilangkan bau mulut tersebut. Terdapat cukup banyak cara menghilang bau mulut. Mungkin kebanyakan orang akan memanfaatkan obat kumur hingga mouth spray untuk mengatasi masalah yang satu ini. Obat kumur diketahui ampuh dalam mencegah bau mulut. Tak hanya itu saja, ternyata obat kumur juga berperan dalam menjaga kesehatan mulut.

Obat kumur merupakan cairan antiseptik yang ampuh membersihkan gigi hingga ke sela-sela gigi, membersihkan permukaan lidah dan gusi, serta ke bagian belakang mulut hingga kerongkongan. Nah, daripada kamu membeli obat kumur di pasaran dengan kandungan kimia didalamnya, tak ada salahnya kamu mencoba untuk membuat obat kumur sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti video unggahan yang dibagikan akun TikTok @raracantiknatural pada 6 Juli 2023. Dalam video unggahan berdurasi 30 detik tersebut pemilik akun memberikan trik membuat obat kumur pencegah bau mulut pakai 1 jenis rempah, yakni cengkeh. Selain cengkeh, dia juga menambahkan bahan lain yaitu daun salam dan lemon.

"Cara Mudah Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Mulut," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @raracantiknatural, Kamis (6/7).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES