Tak perlu beli, ini cara bikin mouthwash pembasmi gigi kuning dan bau mulut pakai 1 bahan dapur

Tak perlu beli, ini cara bikin mouthwash pembasmi gigi kuning dan bau mulut pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Ketika berbicara mengenai kesehatan oral, terdapat 2 problematika umum yang sering diderita banyak orang, yaitu bau mulut dan penguningan pada gigi. Bau mulut, dikenal dengan halitosis dalam dunia medis, pada dasarnya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Bakteri ini umumnya hidup di sisa-sisa makanan dan plak pada gigi, akan mengurai partikel sisa konsumsi menjadi asam dan senyawa sulfur berbau tajam. Hal inilah yang menimbulkan bau busuk pada mulut.

Di sisi lain, penguningan pada gigi juga disebapkan oleh masalah yang kurang lebih sama. Pada dasarnya, sisa makan dan minum yang menempel pada gigi mengandung pigmen warna yang sangat mungkin bercampur dengan air liur dan bakteri di dalam mulut. Bila tidak dibersihkan, maka akan menyebapkan penyerapan pigmen tadi oleh enamel gigi sehingga warna putihnya pun berganti menjadi kuning kelabu.

Salah satu tindakan preventif yang banyak digunakan orang untuk mengatasi kedua masalah di atas adalah menggunakan obat kumur yang memberikan kesegaran pada mulut secara cepat. Namun, penggunaan obat kumur jangka panjang dan secara berlebihan dapat memiliki efek negatif.

Beberapa obat kumur mengandung alkohol yang dapat mengganggu keadaan bakteri baik yang justru bermanfaat bagi mulut. Selain itu, penggunaan obat kumur yang mengandung bahan kimia juga dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada beberapa orang.

Untuk itu kamu bisa menggunakan alternatif lain yang lebih aman. Yakni memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satunya seperti menggunakan baking soda dan minyak peppermint, sebagaimana caranya ditunjukkan oleh akun Instagram @beglamrs, yang dilansir briliobeauty.net pada Senin (10/10).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES