Tak perlu beli, ini cara bikin krim antiaging untuk cegah wajah keriput pakai 1 jenis kacang-kacangan

Tak perlu beli, ini cara bikin krim antiaging untuk cegah wajah keriput pakai 1 jenis kacang-kacangan

Brilio.net - Kulit merupakan anggota tubuh yang memiliki berbagai macam protein yang penting bagi kecantikan dan kesehatan. Salah satu dari protein tersebut paling penting adalah elastin dan kolagen. Pasalnya, kedua protein tersebut memiliki kinerja agar kulit tetap kencang dan halus. Namun, seiring bertambah usia seseorang, kolagen dan elastin ini semakin berkurang. Dampaknya adalah kulit menjadi keriput, kendur, dan mulai muncul garis halus di area wajah.

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari merupakan penyebab utama terjadinya penurunan kedua protein tersebut. Radiasi UV diketahui bisa merusak serat kolagen di dalam kulit. Hal ini menyebabkan terjadinya kerusakan struktural, sehingga bintik-bintik penuaan juga terlihat dan memicu risiko penyakit kulit, seperti kanker.

Faktor lain seperti polusi udara juga bisa mempercepat proses penuaan. Pasalnya, radikal bebas satu ini mengandung partikel berbahaya yang dapat merusak kulit. Partikel-partikel ini bisa memicu stres, merusak kolagen, dan mengurangi elastisitas kulit.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal tersebut kamu memerlukan perawatan agar keriput ini tidak mudah timbul, salah satunya adalah rutin memakai krim antiaging. Tak usah beli, krim antiaging ini bisa kamu dapatkan dengan mudah, caranya yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Dalam video yang dibagikan oleh Grandma's Recipes, dia menggunakan satu jenis kacang-kacangan yaitu kastanye atau chestnut. Kacang ini mengandung tannin, flavonoid, dan saponin. Semua kandungan tersebut bisa mengurangi keriput, meningkatkan sirkulasi darah, dan melawan kerusakan radikal bebas, serta mencegah penuaan dini.

Selain bahan tersebut ada tambahan lain yaitu minyak zaitun. Bahan alami ini mengandung asam lemak, antioksidan, dan antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan. Kandungan-kandungan tersebut juga bisa menjaga kelembapan, dan mengatasi radikal bebas.

Sama seperti bahan sebelumnya, minyak kelapa juga bisa menjadi pelembap alami. Kandungan asam lemak bisa meningkatkan tekstur kulit dan meredakan peradangan karena jerawat.

Untuk menggunakan semua bahan tersebut, kamu bisa mengikuti tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube Grandma Recipes, Rabu (18/10).

(brl/ola)

tags

STORIES