Tak perlu beli acne patch, ini trik redam munculnya jerawat agar tak berbekas pakai 2 jenis makanan

Tak perlu beli acne patch, ini trik redam munculnya jerawat agar tak berbekas pakai 2 jenis makanan

Brilio.net - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering menjadi biang menurunnya kepercayaan banyak orang. Muncul dalam rupa pembengkakan kecil di kulit, jerawat biasanya diisi oleh darah dan nanah sebagai akibat dari tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran seperti sisa sebum dan partikel polusi. Penyumbatan di area tertutup ini memungkinkan bakteri jahat di kulit berkembang dengan cepat, memicu peradangan dan jerawat pada kulit.

Permasalahan jerawat seringkali memunculkan masalah lainnya, yaitu bekas dari jerawat. Bekas jerawat sendiri bisa terbagi menjadi 2, yaitu berupa PIH atau PIE. PIH (Post inflammatory Hyperpigmentation) adalah noda kecokelatan yang muncul sebagai respons terhadap kerusakan kulit dimana sel-sel kulit baru yang tumbuh untuk memperbaiki kulit membawa melanin berlebih.

Sementara itu, PIE (Post Inflammatory Erythema) adalah bekas kemerahan yang muncul akibat kerusakan pembuluh darah saat jerawat meradang sehingga menimbulkan bercak kemerahan tanda iritasi.

Untuk mengatasi 2 masalah membandel ini, kamu bisa mengandalkan bahan alami saja sebagai solusi alternatif lho. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan campuran pisang dan yoghurt, seperti yang diperagakan oleh @get_beauty_glow_everyday melalui Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Senin (9/10).

beli acne patch  Instagram

foto: freepik.com

Buah pisang kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, dan E, serta mineral seperti kalium dan magnesium. Vitamin A dan C bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan dan regenerasi kulit, sementara itu vitamin B dan E berperan menjaga skin barrier kulit. Pisang juga mengandung banyak antioksidan yang efektif melawan radikal bebas sekaligus mengurangi peradangan yang dapat merusak kesehatan kulit.

(brl/wen)

tags

STORIES