Tak perlu aloe vera, ini trik muluskan kembali kulit rusak akibat breakout pakai 1 jenis buah

Tak perlu aloe vera, ini trik muluskan kembali kulit rusak akibat breakout pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Breakout merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kerusakan kulit akibat munculnya jerawat secara berlebihan disertai dengan peradangan, kemerahan, dan terkadang rasa gatal. Kondisi ini bahkan dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri pada beberapa orang, terutama bagi mereka yang berkulit sensitif. Umumnya breakout muncul di area tubuh yang kaya akan kelenjar minyak, terutama pada wajah.

Proses munculnya breakout pada wajah melibatkan beberapa tahapan, kelenjar minyak (sebaceous gland) di bawah permukaan kulit mulai memproduksi minyak berlebih. Minyak ini dapat menyumbat pori-pori kulit dan menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri. Kotoran yang kemudian bereaksi dengan bakteri di kulit ini akan memicu terjadinya peradangan pada kulit, menimbulkan efek kemerahan dan rasa nyeri.

Kondisi breakout dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya adalah perubahan hormon, seperti saat masa pubertas atau menstruasi. Pola makan yang tidak sehat, stres, dan penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan yang tidak cocok dengan jenis kulit, dan beberapa lainnya.

Seluruh faktor tadi kemudian berkontribusi pada naiknya produksi sebum dan kerusakan lapisan pelindung kulit, sehingga memudahkan bakteri kotor berkembang biak dan pada akhirnya memunculkan breakout pada kulit.

Jika kamu mengalami permasalahan kulit satu ini, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan campuran pisang dan teh hijau, sebagaimana diperlihatkan akun Instagram @b.e.a.u.t.y_n.o.t.e.s yang dilansir briliobeauty.net pada Selasa (10/10).

(brl/ola)

tags

STORIES