Tak perlu aloe vera, ini cara meredakan kemerahan akibat jerawat pakai masker dari 1 jenis rempah

Tak perlu aloe vera, ini cara meredakan kemerahan akibat jerawat pakai masker dari 1 jenis rempah

Brilio.net - Jerawat merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi pada kulit wajah. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya, tetapi bisa menimbulkan bekas pada kulit. Meski begitu, jerawat akan sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan khusus. Menjaga kebersihan kulit merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah yang satu ini.

Jerawat yang baru muncul atau yang biasa disebut dengan jerawat meradang biasanya akan berwarna kemerahan dan menimbulkan rasa sakit saat disentuh. Jerawat meradang terjadi ketika area di bawah sumbatan komedo mengalami peradangan dan memerah. Selain itu, juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri di bawah permukaan kulit.

Jerawat meradang ini bisa muncul karena kebiasaan kecil lho, seperti menggunakan brush makeup yang kotor, jarang membersihkan ponsel, lupa menghapus makeup, hingga konsumsi makanan olahan berlebihan. Hal-hal tersebut menyebabkan bakteri P.acnes jadi mudah tumbuh dan menyebabkan munculnya jerawat.

Memencet jerawat bukan cara yang tepat untuk mengatasi jerawat meradang. Kondisi tangan yang tidak bersih, alat yang tidak steril, dan penyebaran kuman dari jerawat yang ditekan justru dapat memperburuk keadaan jerawatmu. Akibatnya, jerawat menjadi kemerahan, terinfeksi, dan lebih meradang. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa jerawat bisa meninggalkan bekas luka di wajah atau yang disebut bopeng.

Namun tak perlu risau, jika kamu mengalami kemerahan di wajah akibat jerawat meradang, kamu bisa melakukan perawatan untuk mengurangi kemerahan sekaligus mengatasinya. Bukan pakai aloe vera, karena terdapat bahan lain yang tak kalah efektif untuk menenangkan kemerahan pada wajah.

Redakan kemerahan jerawat pakai 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Seperti unggahan yang dibagikan akun TikTok @ericasuckow pada 2 Juni 2022. Unggahan tersebut berisi tentang cara meredakan kemerahan akibat jerawat pakai masker dari 1 jenis rempah. Rempah yang dimaksud adalah bubuk kunyit. Selain bubuk kunyit, ia juga menambahkan bahan lain yaitu yoghurt, madu, dan cuka apel.

"Make a homemade turmeric mask to battle acne scars and redness with me (Buat masker kunyit buatan sendiri untuk melawan bekas jerawat dan kemerahan bersamaku)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @ericasuckow, Rabu (9/8).

(brl/wen)

tags

STORIES