Tak perlu air mawar, ini trik kecilkan pori-pori agar bebas ancaman jerawat pakai 2 jenis buah

Tak perlu air mawar, ini trik kecilkan pori-pori agar bebas ancaman jerawat pakai 2 jenis buah

Brilio.net - Pori-pori merupakan bagian penting dari sistem kelenjar minyak yang berfungsi sebagai rongga pernapasan kulit dalam mengeluarkan minyak dan keringat dari tubuh. Biasanya, ukuran pori-pori pada kulit yang sehat akan terlihat rapat sehingga menampakkan kesan wajah yang halus dan mulus. Namun begitu, ada banyak kondisi yang membuat ukuran pori-pori membesar sehingga membuat kulit tampak kasar dan tidak bersih.

Salah satu penyebab utama adalah terjadinya produksi minyak berlebih di kulit yang dapat dipicu beberapa hal seperti perubahan hormon, paparan sinar matahari, dan polusi. Hal ini kemudian memudahkan kotoran seperti debu dan sel kulit mati menempel pada kulit. Akibatnya, kotoran akan terperangkap di rongga pori-pori dan membuat kulit terasa kasar.

Proses penyumbatan pori-pori ini juga menjadi cikal bakal utama terbentuknya jerawat. Hal ini dikarenakan tertutupnya rongga pori-pori kulit akan menciptakan lingkungan ideal bagi bakteri seperti propionibacterium acnes untuk berkembang biak. Dalam prosesnya, kotoran yang tersumbat dan bakteri ini akan saling bereaksi dan memunculkan peradangan di dalam kulit. Alhasil, proses ini ini akan menimbulkan pembengkakan jerawat.

Akan tetapi, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu bingung. Soalnya, kamu bisa mencoba mengandalkan bahan-bahan alami yang memiliki kandungan baik sebagai solusi alternatif.

Salah satunya seperti memanfaatkan campuran tomat dan lemon. Cara ini dicontohkan oleh pemilik akun Instagram @get_beauty_glow_everyday, dilansir briliobeauty.net padaRabu (4/10).

(brl/jad)

tags

STORIES