Tak perlu acne serum, ini cara mencegah jerawat tumbuh di wajah pakai 1 jenis buah

Tak perlu acne serum, ini cara mencegah jerawat tumbuh di wajah pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Jerawat umumnya muncul saat seseorang menginjak fase remaja. Permasalahan ini terjadi ketika ada penyumbatan pori-pori oleh minyak dan sel kulit mati yang bercampur bakteri. Proses ini diakibatkan oleh perubahan hormon dalam tubuh, stres, polusi, paparan sinar matahari berlebih dan konsumsi makanan yang kurang sehat. Selain itu, perawatan kulit yang tidak baik juga bikin jerawat rentan muncul

Jerawat pada dasarnya terbagi atas beberapa jenis. Ada yang hanya berupa bakal jerawat seperti komedo yang umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Sementara itu, jenis jerawat mendalam seperti pustula, nodul, dan kista dapat menimbulkan rasa sakit yang intens akibat bakteri dan kuman yang berkembang biak secara cepat di bawah jaringan kulit. Hal inilah yang kemudian memicu jerawat terkesan menjadi merah, bengkak, dan cenderung menyakitkan.

Eits, jikalau kamu menghadapi masalah ini, kamu nggak perlu bingung juga kok. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan banyak bahan alami di luar sana yang memiliki khasiat ampuh dalam mengatasi radang jerawat ini. Salah satunya caranya adalah dengan menggunakan campuran buah pepaya dan tepung gram, sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Jumat (27/10) dari @khush.beauty di Instagram.

jerawat tumbuh  Instagram

foto: freepik.com

Pepaya merupakan buah kaya air yang mengandung enzim papain, vitamin A, C, dan E, serta mineral. Enzim papain memiliki efek eksfoliasi yang membantu menghilangkan kotoran penyumbat pori-pori dan meningkatkan regenerasi sel kulit. Selain itu, vitamin di dalam pepaya berperan dalam meredakan peradangan, menyembuhkan luka jerawat, dan memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat jerawat.

(brl/wen)

tags

STORIES