Tak perlu acne patch, ini cara mengatasi jerawat batu membandel pakai 1 bahan pemanis

Tak perlu acne patch, ini cara mengatasi jerawat batu membandel pakai 1 bahan pemanis

Brilio.net - Salah satu jenis jerawat yang sangat meresahkan adalah jerawat batu - jenis jerawat yang muncul berupa benjolan besar meradang dan berisi nanah. Jerawat batu sering kali menyebabkan rasa nyeri ketika disentuh. Namun, pada beberapa kasus, kondisi ini tidak menimbulkan nyeri maupun gejala tak nyaman lainnya.

Jerawat batu umumnya tumbuh di bagian wajah, namun tak menutup kemungkinan jenis jerawat ini muncul di bagian tubuh lainnya seperti dada, punggung dan belakang telinga. Pada dasarnya, penyebab jerawat batu sama dengan jerawat jenis lain. Kondisi ini bermula dari penyumbatan pada pori-pori akibat minyak berlebih, kotoran, atau sel kulit mati. Penyumbatan tersebut memudahkan bakteri penyebab jerawat berkembang biak.

Kondisi ini kemudian menyebabkan terjadinya pembengkakan dan kemerahan pada area tersebut. Hati-hati jika jerawat batu pecah, sebab nanah yang keluar bisa menyebar dan menyebabkan jerawat muncul lebih banyak. Jerawat batu sangatlah dipengaruhi oleh keseimbangan kadar hormon androgen di dalam tubuh. Ketika hormon androgen diproduksi dalam jumlah yang berlebih maka dapat menyebabkan kelenjar sebasea menjadi lebih aktif. Pada akhirnya, sebum menjadi lebih banyak sehingga pori-pori akan mudah tersumbat.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat batu yang tepat. Apalagi jerawat yang satu ini merupakan salah satu jenis jerawat yang membandel dan sulit hilang. Nah, kebanyakan orang akan mengatasi jerawat di wajahnya menggunakan acne patch. Padahal tak semua jenis jerawat bisa diatasi dengan acne patch lho.

Sebagai solusinya, kamu bisa kok membuat obat jerawat batu sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti video unggahan dengan durasi 16 detik yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @creative_explained pada 18 Februari 2022. Dalam unggahannya itu, dia memberikan cara mengatasi jerawat batu membandel pakai 1 bahan pemanis, yaitu madu. Selain madu, dia juga menggunakan bahan lain yaitu baking soda dan cuka apel.

"Magic pimple eraser? (Penghapus jerawat ajaib?)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @creative_explained, Selasa (13/6).

(brl/ola)

tags

STORIES